• Minggu, 24 Oktober 2021

Dalam Catatan Sejarah: Kisah Gedung Indonesia Menggugat di Kota Bandung

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 07:16 WIB
Gedung Indonesia Menggugat (Gambar: istimewa)
Gedung Indonesia Menggugat (Gambar: istimewa)

Bicarajabar.com - Sebuah gedung tua yang menyempil di antara bangunan-bangunan besar di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 5, Kota Bandung yang bernama Gedung Indonesia Menggugat.

Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan kelamnya catatan kisah sejarah yang ada pada Gedung tersebut.

Mulai dibangun menjadi Gedung Landraad pada tahun 1900 dan diresmikan pada tahun 1917. Gedung Landraad adalah Gedung Pengadilan Kolonial setingkat Pengadilan Negeri.

Sebelum pemerintah Belanda menjadikan tempat ini sebagai pengadilan, tempat ini merupakan salah satu hunian ekspatriat Belanda yang sudah mengalami renovasi akibat kebakaran.

Empat tokoh nasional Indonesia, yaitu Gatot Mangkoepraja, Soepriadinata, Maskoen, dan Presiden RI saat itu, Soekarno ,pada tanggal 18 Agustus 1930 hingga 22 Desember 1930 disidang di pengadilan ini.

Baca Juga: Yusuf Ronodipuro Dalam Catatan Kemerdekaan, Pengeras Kabar Proklamasi

Sebagaimana dilansir ayobandung.com, Sekretaris Bandung Heritage, Koko Qomara mengatakan jika peristiwa tersebut menjadi tolak ukur dari proses panjang terbentuknya negara melalui jalan politik dan perjuangan organisasi kepartaian.

Namun setelah itu Landraat tak lagi digunakan untuk menyidang tokoh-tokoh penting kemerdekaan. Pengalihan fungsi ini terjadi beberapa kali.

Gedung ini sempat menjadi Kantor Palang Merah Indonesia, periode 1947-1949, kemudian setelah itu, pada 1950-1970 berganti menjadi Kantor Urusan Keuangan Negara.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Sunda Wiwitan, Menghormati Alam dan Sesama

Selasa, 5 Oktober 2021 | 23:41 WIB

Viral di Seluruh Dunia, Apa Sih Squid Game?

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 07:46 WIB
X