• Minggu, 24 Oktober 2021

Profil Soekarno dan Kumpulan Kata-Kata Sang Proklamator yang Populer

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 12:07 WIB
Kumpukan Kata-Kata Sang Proklamatir, Ir. Soekarno (Gambar: Istimewa)
Kumpukan Kata-Kata Sang Proklamatir, Ir. Soekarno (Gambar: Istimewa)

Bicarajabar.com - Lahir di Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1901 Ir. Soekarno atau yang biasa dipanggil Bung Karno merupakan anak dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dengan Ida Ayu Nyoman Rai.

Ayah Soekarno, Raden Soekemi Sosrodihardjo adalah seorang guru. Sang Ayah bertemu dengan Ida Ayu saat dia mengajar di Sekolah Dasar Pribumi Singaraja, Bali.

Tidak lama menghabiskan masa kecil dengan orangtuanya, Soekarno akhirnya tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur.

Soekarno pertama kali bersekolah di Tulung Agung sampai akhirnya Soekarno ikut kedua orangtuanya pindah ke Mojokerto.

Di sana, ayahnya memasukan Soekarno ke Eerste Inlandse School. Di tahun 1911, Soekarno dipindahkan ke Europeesche Lagere School (ELS) untuk memudahkannya diterima di Hoogere Burger School (HBS).

Setelah lulus pada tahun 1915, Soekarno melanjutkan pendidikannya di HBS, Surabaya, Jawa Timur. Di Surabaya, Soekarno banyak bertemu dengan para tokoh dari Sarekat Islam, organisasi yang kala itu dipimpin oleh HOS Tjokroaminoto yang juga memberi tumpangan ketika Soekarno tinggal di Surabaya.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19 Tak Kunjung Usai

Dari sinilah, rasa nasionalisme dari dalam diri Soekarno terus menggelora. Di tahun berikutnya, Soekarno mulai aktif dalam kegiatan organisasi pemuda Tri Koro Darmo yang dibentuk sebagai organisasi dari Budi Utomo. Nama organisasi tersebut kemudian Soekarno ganti menjadi Jong Java (Pemuda Jawa) pada 1918. 

Proklamator sekaligus presiden pertama RI ini memiliki peran penting dalam proses kemerdekaan Indonesia.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Sunda Wiwitan, Menghormati Alam dan Sesama

Selasa, 5 Oktober 2021 | 23:41 WIB

Viral di Seluruh Dunia, Apa Sih Squid Game?

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 07:46 WIB
X