• Minggu, 24 Oktober 2021

Buku Meraba Indonesia 'Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa" karya Ahmad Yunus

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 22:35 WIB
Sampul buku 'Meraba Indonesia' karya Ahmad Yunus (sumber: Google Book) (Aldi M. Perdana)
Sampul buku 'Meraba Indonesia' karya Ahmad Yunus (sumber: Google Book) (Aldi M. Perdana)

Bicarajabar.com - Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa merupakan perjalanan Ahmad Yunus mengelilingi Nusantara. Bersama rekannya: Farid Gaban, kedua wartawan ini menyusuri pulau-pulau terluar Nusantara dengan mengendarai sepeda motor Win 100 cc yang telah dimodifikasi.

Buku ini merupakan catatan Ahmad Yunus di tengah ekspedisinya yang menghabiskan waktu selama hampir setahun. Dengan hasil foto yang dilampirkan dalam buku, semua detail perjalanan terlengkapi supaya para pembaca merasa menyelami nusantara. Di samping itu, pandangan yang ditulis tidak menyulitkan pembaca dengan kata-kata yang tidak melulu teknis, atau boleh dikatakan, Ahmad Yunus menggunakan gaya penulisan jurnalisme sastrawi.

Meraba Indonesia ditulis dengan gaya narator yang seolah bercerita seleluasa mungkin. Namun, dengan disisipikannya data-data sejarah, serta mencatat peristiwa-peristiwa yang tengah terjadi di lingkungan masyarakat yang mereka singgahi, bahkan mewawancarainya, buku ini menjadi metafor atas tujuan ekspedisi tersebut, yakni mengagumi dan menyelami Indonesia sebagai negeri bahari.

MERABA INDONESIA, Ekspedisi "Gila" Keliling Nusantara
Penulis: Ahmad Yunus
Penerbit: Serambi
Tahun: 2011

Editor: Kristina S.

Tags

Terkini

Mengenal Sunda Wiwitan, Menghormati Alam dan Sesama

Selasa, 5 Oktober 2021 | 23:41 WIB

Viral di Seluruh Dunia, Apa Sih Squid Game?

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 07:46 WIB
X