• Kamis, 11 Agustus 2022

Menurut Studi, Latihan Menulis Dengan Tangan Kiri Selama 5 Menit Sehari Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

- Jumat, 15 Juli 2022 | 13:46 WIB
Ilustrasi menulis (Freepik/stories)
Ilustrasi menulis (Freepik/stories)

 

Bicarajabar.com - Ternyata untuk meningkatkan pikiran agar tetap sehat dan fokus tidak hanya dengan berolahraga atau melakukan sesuatu yang sulit.

Alih-alih berpikir untuk memecahkan suatu tantangan dalam melatih fokus, faktanya hanya dengan 5 menit dalam sehari kamu menulis dengan tangan kiri dapat meningkatkan kesehatan otak.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuropsychologia, para ilmuwan memperhatikan dampak menggunakan tangan kiri untuk menyelesaikan tugas sehari-hari bisa mempengaruhi kesehatan otak.

Melansir laman first for women, hal ini diketahui ketika 10 orang yang tidak kidal dilakukan eksperimen untuk menulis dengan tangan kiri selama 10 hari latihan menulis.

Dengan demikian, 9 dari 10 diantaranya peneliti menemukan bahwa 89 persen terdapat peningkatan kecepatan, akurasi dan kehalusan di tangan kiri mereka.

Disisi lain, 71 persen peningkatan terus terlihat selama eman bulan setelah masa percobaan berakhir.

Para peneliti mengaitkan hasil ini dengan fakta bahwa penggunaan tangan kiri yang konsisten dari mereka yang mengikuti percobaan telah menciptakan jalur saraf baru di otak mereka, dimana hal ini membantu tubuh mereka berfungsi lebih mulus daripada sebelumnya.

Peneliti juga mengungkapkan, tetap menjaga otak tetap gesit dan selaras dengan tubuh dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti lupa atau penyakit degenerative atau demensia dan Alzheimer.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Sih Arti YGY, Dalam Bahasa Gaul YGY Artinya...

Selasa, 14 Juni 2022 | 09:13 WIB
X