• Minggu, 3 Juli 2022

Serba Serbi Soal THR Bagi Karyawan, Pekerja, atau Buruh, Simak Aturan Lengkapnya!

- Selasa, 26 April 2022 | 14:13 WIB
Ilustrasi pemberian uang THR (Pixabay.)
Ilustrasi pemberian uang THR (Pixabay.)

Bicarajabar.com -- Menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah atau 1 Syawal 1443 Hijriah, hampir semua perusahaan secara rutin telah menetapkan adanya pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para karyawannya.

Hal itu, sudah tentu menjadi salah satu tunjangan yang dinantikan hampir semua masyarakat karena dinilai bisa membantu memenuhi keperluan dan kebutuhan keluaraga di hari raya.

Terkait dengan hal tersebut, pemerintah juga telah mengatur adanya kebijakan perihal THR yang dikeluarkan oleh perusahaan bagi para karyawan, pekerja, atau sebutan lainnya seperti buruh.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan juncto Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait dengan adanya THR dalam hal ini THR keagamaan kamu dapat menyimak tulisan ini sampai akhir.

Seperti yang dikutip dari Ayo Bandung, "Aturan Lengkap THR Karyawan, Buruh, dan Pekerja: Kapan Cair dan Cara Melaporkan Pelanggaran Perusahaan" Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 itu menjadi panduan ataupun aturan lengkap THR karyawan atau buruh.

Di situ pun dijelaskan soal kapan cair THR dan cara melaporkan pelanggaran oleh perusahaan yang tidak membayarkannya.

Adapun pembayaran THR Keagamaan dilaksanakan dengan memperhatikan had-hal sebagai berikut:

1. THR Keagamaan diberikan kepada:

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Sumber: Ayo Bandung

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Sih Arti YGY, Dalam Bahasa Gaul YGY Artinya...

Selasa, 14 Juni 2022 | 09:13 WIB
X