• Rabu, 26 Januari 2022

Mengenal Latar Belakang, Pengertian, Serta Manfaat dan Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang HKI

- Rabu, 5 Januari 2022 | 07:49 WIB
Ilustrasi pentingnya melindungi Hak Kekayaan Intelektual (HKI), salah satunya adalah Hak Cipta (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi pentingnya melindungi Hak Kekayaan Intelektual (HKI), salah satunya adalah Hak Cipta (Pixabay/mohamed_hassan)

Bicarajabar.com – HKI atau Hak Kekayaan Intelektual dapat dideskripsikan secara substantif yaitu hak atas kekayaan yang lahir karena kemampuan intelektual manusia.

Berdasarkan dampak dari pengaruh globalisasi liberalisasi perdagangan. Perindustrian Indonesia, dihadapkan pada tantangan dan persaingan yang sangat tajam.

Tidak hanya semata-mata tentang masalah teknis hukum, tapi menyangkut tentang kepentingan ekonomi dimana apabila terdapat pelanggaran terhadap HKI maka bisa menjadi kerugian tersendiri bagi Negara, penemu dan masyarakat.

Bahkan bisa membawa dampak lainnya terhadap pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, hukum, terlebih dapat memicu ketegangan politik antar Negara.

Baca Juga: Gugatan Hasan Azhari Hak Cipta Ojek Online Rp 24,91 T, Gojek: Klaim tersebut tidak berdasar

Dengan adanya Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), liberalisasi perdagangan dalam APEC pada tahun 2010 untuk Negara maju dan tahun 2020 untuk Negara berkembang serta skema CEPT AFTA-ASEAN pada tahun 2003, gerak perdagangan dunia semakin dinamis dan cepat.

Namun, sejak lahirnya WTO, ada banyak kasus sengketa perdagangan yang diadukan karena melanggar ketentuan GATT/WTO.

Beberapa kasus yang dilaporkan adalah masalah persengketaan perbatasan impor, pelanggaran HKI, subsidi, diskriminasi pasar domestik sampai diskriminasi standar barang.

Selain masalah-masalah tersebut, juga terdapat kecenderungan dari Negara maju yang menggunakan kebijakan unilateral dan praktek perdagangan yang bersifat anti persaingan dan melakukan proteksi domestik secara tidak wajar.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Sumber: kemenperin.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Self Healing Dalam Islam Menurut Habib Jafar Al Hadar

Sabtu, 22 Januari 2022 | 20:00 WIB
X