• Minggu, 3 Juli 2022

Sebenarnya Seberapa Efektif Vaksin Sinovac Melawan Covid-19?

- Minggu, 19 Desember 2021 | 20:32 WIB
Ilustrasi vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac (Unsplash/@mufidpwt)
Ilustrasi vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac (Unsplash/@mufidpwt)

Bicarajabar.com – Vaksin Covid-19 sudah banyak diproduksi dan disuntikan pada miliaran orang di seluruh dunia. Salah satu jenis vaksinnya adalah Sinovac

Berbeda dengan Pfizer, Moderna atau J&J, penelitian terhadap vaksin Sinovac sangat sedikit apalagi dalam menghadapi varian virus terbaru yaitu Omicron.

Lalu, sebenarnya seberapa efektif vaksin Sinovac dalam melawan virus Corona?

Sinovac adalah vaksin yang menggunakan teknologi virus tidak aktif. Virus mati yang disuntikkan ke dalam tubuh membuat tubuh bereaksi dengan memproduksi antibodi. 

Vaksin yang menggunakan virus tidak aktif atau teknologi mRNA ini melibatkan penyuntikan kode genetik virus ke pasien. Teknologi ini akan memicu respon imun tanpa membuat pasien terpapar virus.

Pada dasarnya, teknologi vaksin mRNA ini sudah diaplikasikan pada manusia mulai tahun 2009 silam. Namun, virus yang dinonaktifkan sudah diperkenalkan sejak akhir abad 19 dan telah digunakan untuk mengobati penyakit seperti tifus, polio bahkan flu musiman.

Baca Juga: Indonesia Telah Menerima Donasi Vaksin Pfizer Sebesar 1,7 Juta dari Amerika

Penelitian tentang Sinovac

Ada beberapa catatan tentang seberapa efektifkah vaksin Sinovac dalam melawan virus Covid-19, termasuk data dari berbagai belahan dunia.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Sih Arti YGY, Dalam Bahasa Gaul YGY Artinya...

Selasa, 14 Juni 2022 | 09:13 WIB
X