• Rabu, 5 Oktober 2022

Aplikasi Octopus: Cara Mudah Kumpulkan Sampah Jadi Uang

- Kamis, 9 Desember 2021 | 18:17 WIB
aplikasi octopus  (dok.octopus)
aplikasi octopus (dok.octopus)

Bicarajabar.com - Setiap harinya negeri kita menghasilkan sampah yang kian menggunung. Bahkan sering sekali ditemukan sampah yang berada di sungai, selokan, maupun pinggir jalan.

Sampah plastik adalah ancaman terbesar di Indonesia, Sebuah sampah plastik membutuhkan waktu 50 hingga 100 tahun untuk bisa terurai dengan baik. Kebanyakan sampah plastik tidak dapat terurai secara hayati, akhirnya sampah ini akan menjadi bahan potongan mikroskopis yang disebut "plastik mikro", yang juga dapat memberikan bahaya bagi lingkungan.

Setiap tahunnya sampah plastik  di Indonesia mengalami kenaikan 5%. Semakin banyak penggunaan sampah plastik, maka semakin menumpuknya pencemaran lingkungan akibat sampah tersebut. 

Baca Juga: 6 Aplikasi yang Bisa Digunakan Untuk Membuat CV Secara Gratis

Dampak yang diakibatkan sampah plastik ini cukup serius. Sehingga, perlu adanya kesadaran dan manajemen sampah yang benar. Oleh karena itu, aplikasi Octopus  bertujuan untuk mengajak masyarakat mengumpulkan sampah.

Lewat aplikasi ini pengguna dapat mengumpulkan sampah yang dapat didaur ulang menjadi produk yang bernilai jual. Octopus merupakan salah satu aplikasi rintisan startup. Aplikasi gratis yang dapat di unduh pada layanan Google Play Store.

Aplikasi ini dibuat oleh anak-anak Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalah sampah dan didirikan pada tahun 2020 di Makassar.

Baca Juga: 5 Aplikasi Untuk Membuat Feed Instagram Menyambung, Yuk Simak

Aplikasi Octopus dapat membantu penggunaannya mengumpulkan sampah, baik yang dapat didaur ulang maupun tidak dapat di daur ulang. 

Halaman:

Editor: Agasthya Kuswandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arti JABODETABEK : Singkatan dan Kepanjangannya Adalah

Minggu, 25 September 2022 | 20:03 WIB

Apa Sih Arti YGY, Dalam Bahasa Gaul YGY Artinya...

Selasa, 14 Juni 2022 | 09:13 WIB
X