• Kamis, 11 Agustus 2022

Hari Pahlawan Bersama Inggit Garnasih, Perempuan Teladan Sunda di Balik Kejayaan Soekarno

- Rabu, 3 November 2021 | 06:00 WIB
Inggit Ganarsih dan Soekarno (Foto: lakilaki.or.id)
Inggit Ganarsih dan Soekarno (Foto: lakilaki.or.id)

Bicarajabar.com‘Selalu ada wanita hebat di balik kesuksesan seorang pria’, atau ‘Di balik setiap pahlawan besar selalu ada seorang perempuan agung’ adalah kalimat yang sangat tepat untuk memulai tulisan ini. 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat memasukkan nama Inggit Garnasih dalam dua puluh tokoh ‘Panggung Inohong’ atau hall of fame.

Dalam arsip tersebut, Inggit Garnasih disebut sebagai ‘Pejuang Kemerdekaan’. Inggit Garnasih tidak pernah dikenal sebagai pahlawan, tapi sumbangannya dalam kemerdekaan Indonesia tidak kalah dengan para pejuang di medan perang. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Yogyakarta yang Menarik, Wajib Kunjungi

Meski demikian, informasi sejarah yang dikenal masyarakat tentang Inggit Garnasih adalah Istri kedua Soekarno yang akhirnya diceraikan karena tidak mau dimadu dengan Fatmawati.

Masa muda Inggit Garnasih

Seperti yang diceritakan dalam banyak ulasan sejarah, Inggit Garnasih adalah perempuan biasa yang lahir dari keluarga seorang petani di Desa Kamasan, Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 17 Februari 1888. 

Ayahnya bernama Arjipan, Ibunya bernama Amsi, dan beliau memiliki dua saudara, yaitu Natadisastra dan Murtasih.

Sewaktu kecil pendidikan tertinggi yang diperoleh Inggit Garnasih adalah Madrasah Ibtidaiyyah yang sudah cukup moncer untuk ukuran seorang perempuan pribumi yang berasal dari keluarga petani kala itu.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Sih Arti YGY, Dalam Bahasa Gaul YGY Artinya...

Selasa, 14 Juni 2022 | 09:13 WIB
X