• Selasa, 26 Oktober 2021

Budidaya Maggot, Dari Sampah Organik Menjadi Pakan Alternatif

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 15:22 WIB
Pengambilan prepupa untuk menjadi pupa, dan persiapan kawin untuk mendapatkan telur maggot (Instagram/Maggotputratanggerang)
Pengambilan prepupa untuk menjadi pupa, dan persiapan kawin untuk mendapatkan telur maggot (Instagram/Maggotputratanggerang)

Bicarajabar.com – Budidaya maggot merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menggiurkan. Digunakan sebagai pakan alternatif, maggot dikenal dengan pakan yang kaya protein, peruntukannya bisa digunakan sebagai pakan unggas maupun perikanan.

Dari catatan Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor (IPB) Univeristy, maggot atau larva dari black soldier fly (BSF) berpeluang menjadi bahan pakan sumber protein dan energi, karena kadar protein kasar mencapai 38% dan kadar lemak 20%.

Dalam sebuah seminar, IPB pernah membahas fokus tentang maggot ini, dari jurnal Italia berupa kelayakan maggot sebagai sumber protein untuk unggas yang dilihat dari segi nutrisi.

Berbicara tentang peluang usahanya, maggot memiliki nilai jual yang cukup menguntungkan dari total pengeluaran biaya produksinya.

Baca Juga: Polisi Buka Identitas Ibu Korban Pemerkosaan, Direktur ICJR: Ini Patut Diganjar Sanksi Tegas

Dari informasi harga pasar yang didapat, maggot dijual dengan harga berkisar dari Rp. 6rb hingga Rp. 7rb per kilogramnya, belum lagi jika diolah menjadi produk turunannya dan memiliki harga yang lebih variatif.

Akbar salah seorang pemilik usaha budidaya maggot menuturkan, dirinya melirik usaha budidaya maggot ini ketika masuk masa pandemi.

Menurutnya, saat ia memulai usaha sempat mengalami kerugian di awal bulan karena belum mendapat pasar untuk pasok hasil maggotnya itu.

“Jadi, dari siklus itu kita, ketemu siklus lagi. Dari telor ketemu telor lagi. Jadi kelebihan banyak indukannya,” jelas Akbar yang ditayangkan melalui liputan pada kanal Youtube Asumsi.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Terkini

Mengenal Sunda Wiwitan, Menghormati Alam dan Sesama

Selasa, 5 Oktober 2021 | 23:41 WIB

Viral di Seluruh Dunia, Apa Sih Squid Game?

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 07:46 WIB
X