• Selasa, 26 Oktober 2021

Mengenal Sunda Wiwitan, Menghormati Alam dan Sesama

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 23:41 WIB
Suku Baduy Dalam dan Luar (Gambar: PesonaI.travel)
Suku Baduy Dalam dan Luar (Gambar: PesonaI.travel)

Bicarajabar.com - Tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya, Indonesia juga berdiri dengan berbagai macam budaya dan tradisi, yang secara turun temurun diwariskan ke setiap generasinya yang hidup di berbagai wilayah.

Warisan itulah yang menjadi dasar tradisi setiap wilayah tetap hidup. Salah satu yang kini masih bertahan adalah Sunda Wiwitan, sebuah kepercayaan yang dianut secara turun temurun oleh sebagian masyarakat Sunda.

Para penganut kepercayaan Sunda Wiwitan, pada praktiknya menerapkan sistem monotheisme kuno melalui kehadiran kekuasaan tertinggi. Kekuasaan yang biasa disebut sebagai sang hyang kersa atau gusti sikang sawiji-wiji yang berarti Tuhan yang maha tunggal.

kepercayaan para nenek moyang Sunda ini telah tersebar sejak ratusan tahun lalu di berbagai wilayah di Jawa Barat. Seperti, Kanekes, Lebak, Banten; Ciptagelar Kasepuhan Banten Kidul, Cisolok, Sukabumi; Kampung Naga; Cirebon; dan Cigugur, Kuningan.

Meski demikian, kepercayaan Sunda Wiwitan di berbagai wilayah di Jawa Barat dan Banten tersebut, memiliki karakteristik yang yang berbeda disetiap wilayahnya. Misalnya di Kanekes, Banten, di Cigugur Kuningan dan di Madrais Garut.

Baca Juga: Viral di Seluruh Dunia, Apa Sih Squid Game?

Sunda Wiwitan Sangat Menghormati Alam

Sunda Wiwitan sangat dekat dengan ajaran saling menghormati antara manusia dengan alam, seperti yang terjadi di Sunda Wiwitan Cigugur Kuningan, dengan tradisi Seren Taun.

Melalui tradisi tersebut, masyarakat di sana mengungkapkan rasa syukurnya untuk hasil pertanian yang melimpah. Selain itu dengan tradisi itu juga mereka berusaha memberi pesan agar manusia bisa menggunakan sumber air secara bijak.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Sunda Wiwitan, Menghormati Alam dan Sesama

Selasa, 5 Oktober 2021 | 23:41 WIB

Viral di Seluruh Dunia, Apa Sih Squid Game?

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 07:46 WIB
X