• Kamis, 11 Agustus 2022

Sarapan Khas Sunda, Berikut Menu Makanan Bikin Kenyang dari Jawa Barat

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 12:54 WIB
Kupat Tahu (Gambar: Instagram/cheche_kitchen)
Kupat Tahu (Gambar: Instagram/cheche_kitchen)

Bicarajabar.com – Sarapan menjadi kebutuhan wajib bagi kebanyakan orang, termasuk kebanyakan masyarakat di Indonesia. Jawa Barat memiliki berbagai pilihan menu sarapan yang dominan dengan masakan khas Sunda.

Selain untuk memberi sumber energi bagi tubuh, sarapan dipercaya dapat meningkatkan mood dan daya fokus untuk memulai beraktivitas.

Menu sarapan khas Sunda, memiliki beragam varian dan jenis masakan yang diolah. Merangkum ciri dan kriteria masakannya, makanan Sunda dikenal dengan dominan bahan sayuran segar, cita rasa yang unik, penyajian yang sederhana, dan rasa pedas yang melekat. Namun, untuk menu sarapannya kamu akan disuguhkan dengan berbagai olahan bahan pokok yang sangat mudah didapatkan.

Berikut menu sarapan khas Sunda yang dapat ditemui di berbagai wilayah Jawa Barat:

Sarapan Bacang atau Lontong dengan Gorengan

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bacang حلال (@bacanghalal)

 

Jika di negara luar, biasanya identik dengan menu sarapan aneka olahan dan sajian roti. Namun, di Jawa Barat banyak ditemui aneka olahan beras menjadi berbagai menu masakan seperti halnya lontong. Varian menu makanan tersebut juga dikenal sebagai bacang atau lepeut. Bahkan diketahui, bacang atau bakcang berasal dari wilayah Tionghoa, sebagai makanan kue beras.

Makanan ini persis seperti lontong yang dapat langsung dimakan dengan sajian aneka gorengan. Untuk bacang biasanya berisi yang ditumis oncom atau daging cincang, sedangkan lepeut bisa berisi aneka olahan sayur atau polos tanpa isi.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Alami Meredakan Sakit Gigi di Malam Hari

Kamis, 14 Juli 2022 | 16:50 WIB
X