• Rabu, 26 Januari 2022

Founder Indonesia Murojaah: KH Deden M. Makhyaruddin, Terangkan Pantangan Dalam Menghafal Al-Qur'an

- Senin, 6 Desember 2021 | 15:09 WIB
Seorang Muslim sedang memeluk Al Quran - Ilustrasi (Unsplashl/@masjidmpd)
Seorang Muslim sedang memeluk Al Quran - Ilustrasi (Unsplashl/@masjidmpd)

Bicarajabar.com – KH Deden M.Makhyaruddin yang merupakan Founder dari Komunitas Indonesia Murojaah menerangkan sebuah nasehat tentang menghafal Al Quran

Wejangan yang dibagikan oleh KH Deden M.Makhyaruddin atau yang akrab dipanggil oleh para santrinya dengan panggilan Kang Aji Deden, menjelaskan tentang “pantangan dalam menghafal Al Quran yang jika dilanggar, murojaah tidak akan dapat dinikmati”.

Nasihat tersebut, Kang Aji Deden tuliskan melalui akun instagram @murojaah.id dalam tema Majlis Air Mata Murojaah, pada putaran ke-14  jilid ke-1. 

Tulisan tersebut dibuka dengan menjelaskan bahwa murojaah atau mengulang hafalan dengan cara apapun dan hasilnya seperti apapun tetap tidak akan salah, karena yang salah adalah seorang penghafal Al Quran yang tidak murojaah

Begitu juga dalam membaca dan menghafalkan Al Quran kata Kang Aji Deden, yang salah adalah mereka yang tidak membaca dan menghafal Al Quran.

Akan tetapi dalam tulisan tersebut, Kang Aji Deden mengungkapkan bahwa maksud dari kesalahan disini adalah langkah yang dilakukan dalam murojaah atau mengulang hafalan yang menyebabkan kegiatan murojaah tidak bertahan lama atau bahkan tidak kunjung dimulai. 

Menurutnya, kesalahan tersebut berawal dari pemilihan metode dalam menghafalnya terlebih dahulu. Secara umum, metode dalam menghafal ada dua macam yaitu :

  • Menghafal Tanpa Mengulang

Jenis metode ini, adalah menghafal yang hanya fokus untuk menambah hafalan saja tanpa murojaah sama sekali. Lalu setelah khatam, baru memulai lagi menghafal dari awal. Dan terus, begitu sampai khatam berulang-ulang secara istiqamah.

Jika seorang penghafal Al Quran menghafal yang menggunakan metode ini, maka dirinya kata Kang Aji Deden tidak boleh melanggar pantangan agar metode ini bisa berhasil dilakukan, Adapun pantangannya yaitu “mengingat hafalan”.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Daftar 6 Makanan yang Ampuh Atasi Vertigo

Senin, 24 Januari 2022 | 16:48 WIB
X