• Selasa, 26 Oktober 2021

Apa itu Krisis Identitas dan Cara Bagaimana Mengatasinya?

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 05:15 WIB
Ilustrasi Krisis Identitas (Gambar: Freepik)
Ilustrasi Krisis Identitas (Gambar: Freepik)

Bicarajabar.com - Krisis identitas adalah kondisi ketika orang merasa tidak yakin mengenai siapa dan apa dirinya. Hal ini dapat terjadi setelah ia mengalami perubahan besar dalam hidup atau karena faktor usia.

Kondisi ini terjadi saat seseorang kerap mempertanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan identitas dirinya, seperti kepercayaan, nilai hidup, tujuan hidup, pengalaman, dan perasaan. Krisis identitas dapat dialami oleh semua orang, tapi lebih sering terjadi pada remaja yang masih mencari jati diri.

Selain itu, memiliki kondisi kesehatan mental tertentu, seperti gangguan bipolar, depresi, dan gangguan kepribadian, juga dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami krisis identitas. Berikut penjelasan krisis identitas yang dilansir dari Alodokter.com;

Tanda Seseorang Alami Krisis Identitas

Seseorang yang mengalami krisis identitas biasanya akan lebih mawas dan sering bertanya pada dirinya sendiri, seperti “Siapa dirinya sebenarnya?”, “Apa tujuan dan passion dalam hidupnya?”, “Apa nilai-nilai yang harus ia pegang dalam hidup?”, dan “Apa perannya dalam masyarakat serta arti eksistensinya bagi orang lain?”

Pelbagai pertanyaan itu kerap muncul karena mereka merasa cemas dan khawatir bahwa dirinya kurang bermakna. Orang yang mengalami krisis identitas juga bisa tampak kebingungan, hilang arah, putus asa, atau bahkan merasa dirinya tidak berarti. Hal ini kemudian bisa saja mengganggu produktivitas dan kualitas hidup mereka.

Sebagian orang yang mengalami krisis identitas bisa melewati masa-masa ini dengan baik, bahkan bisa menerima dan menyayangi dirinya sendiri setelahnya. Namun, terkadang, ada juga orang yang tidak pernah menemukan jati dirinya dan hal ini bisa membuat mereka menjadi stres atau bahkan depresi.

Cara Mengatasi Krisis Identitas

Mungkin hampir semua orang pernah mengalami krisis identitas dalam hidupnya. Hal ini terbilang wajar terjadi, karena setiap orang tentu pernah berada dalam fase pencarian jati diri. Jika kamu sedang mengalami tanda-tanda krisis identitias, cobalah untuk berpikir positif.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahaya Karyawan Dead Wood Bagi Perusahaan

Senin, 13 September 2021 | 13:21 WIB

Penyebab dan Cara Mengatasi Demotivasi Kerja

Rabu, 8 September 2021 | 06:42 WIB

10 Cara Mudah Menghafal dan Memahami Materi dengan Cepat

Minggu, 5 September 2021 | 08:39 WIB

Efek Utama dari Mengkonsumsi Air Dingin Menurut Sains

Selasa, 31 Agustus 2021 | 22:18 WIB
X