• Senin, 27 September 2021

Bahaya Karyawan Dead Wood Bagi Perusahaan

- Senin, 13 September 2021 | 13:21 WIB
Dead wood - Ilustrasi (Unsplash/Dikaseva)
Dead wood - Ilustrasi (Unsplash/Dikaseva)



Bicarajabar.com – Sebuah studi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam organisasi, terdapat istilah Performance Management atau diartikan sebagai Manajemen Kinerja. Kaitannya, istilah tersebut membahas bagaimana pengelolaan kinerja pada individu atau karyawan terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

Pada pengertiannya, manajemen kinerja merupakan aktivitas untuk memastikan bahwa sasaran organisasi telah dicapai secara konsisten dalam cara-cara yang efektif dan efisien. Dalam hal ini, tercapainya tujuan melalui kinerja karyawan dan seluruh individu yang terlibat dalam perusahaan.

Karyawan dead wood menjadi salah satu musuh terbesar para pemegang jabatan yang berada pada tugas manajemen kinerja.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Demotivasi Kerja

Pasalnya, dead wood adalah suatu kondisi yang mana karyawan sudah tidak bisa lagi untuk produktif atau memiliki tingkat kinerja yang menurun bahkan hilang.

Istilah yang dapat diartikan secara bahasa sebagai kayu mati atau lapuk, menggambarkan kondisi seorang karyawan yang dianggap sudah tidak bisa diharapkan lagi oleh perusahaan. Seperti halnya kayu lapuk yang sudah tidak produktif dan tidak memiliki fungsinya lagi.

Bahaya karyawan yang mengalami dead wood, bisa berdampak jangka panjang bahkan lebih cepat dari dugaan terhadap perusahaan. Dampak negatif yang dihadirkan dari karyawan Dead Wood, dianggap dapat merugikan perusahaan dan menularkan sikap dan motivasinya pada rekan kerja lainnya.

Berikut bahaya karyawan dead wood yang dapat dirincikan dari berbagai sumber terkait permasalahan pada SDM di lingkungan kerja perusahaan.

Mempengaruhi Rekan Kerja lainnya

Tidak menutup kemungkinan secara sikap, karyawan yang mengalami dead wood akan dapat mempengaruhi rekan kerja lainnya. Hal tersebut dikarenakan adanya pekerjaan yang terdampak pada hasil kinerja sebagai kelompok yang menjadi tidak efektif.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahaya Karyawan Dead Wood Bagi Perusahaan

Senin, 13 September 2021 | 13:21 WIB

Penyebab dan Cara Mengatasi Demotivasi Kerja

Rabu, 8 September 2021 | 06:42 WIB

10 Cara Mudah Menghafal dan Memahami Materi dengan Cepat

Minggu, 5 September 2021 | 08:39 WIB

Efek Utama dari Mengkonsumsi Air Dingin Menurut Sains

Selasa, 31 Agustus 2021 | 22:18 WIB

4 Hero Mobile Legend yang Mudah untuk Pemula

Kamis, 19 Agustus 2021 | 16:43 WIB

Terpopuler

X