• Senin, 27 September 2021

Cara Merangkum Materi Secara Cepat dan Efektif dengan Mind Mapping

- Kamis, 2 September 2021 | 13:05 WIB
Ilustrasi by Freepik
Ilustrasi by Freepik

Bicarajabar.com – Merangkum materi pada saat menyimak pelajaran ataupun mencatat suatu topik yang sedang didiskusikan, menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Selebihnya cenderung merasa kesulitan dan bahkan malas untuk melakukan hal tersebut. Mind mapping bisa menjadi metode yang cepat dan efektif dalam melakukan semua itu, dengan berbagai keunikan yang bisa dikreasikan.

Mind Mapping dikenal dan banyak digunakan untuk pemetaan pikiran dengan memanfaatkan kemampuan otak kiri dan kanan secara simultan. Istilah ini dikenalkan oleh Tony Buzan asal Inggris, pada tahun 1974 yang merupakan seorang ahli pengembangan potensi manusia.

Baca Juga: Suka Berbagi? Begini Cara Membuat Pelatihan Online Bagi Pemula

Dalam praktiknya, melakukan mind mapping ini bisa bermanfaat dalam berbagai kondisi, seperti saat merancang suatu konsep perencanaan, mengurai suatu topik permasalahan, dan bahkan dapat digunakan untuk merangkum materi pelajaran yang sedang kita ikuti. Kamu pernah belum, menggunakan mind mapping?

Mengenal Mind Mapping dan Manfaatnya

Mind mapping terdiri dari berbagai elemen yang melekat yang dapat membentuk menjadi satu kesatuan dengan saling terhubung. Metode ini sangat memudahkan penggunanya untuk mengelola informasi yang didapat agar bisa dipahami kembali secara cepat.

Dalam membahas satu topik, dapat diuraikan dan digambarkan secara ringkas dengan bentuk garis bercabang dan bisa saling berhubungan. Garis-garis tersebut berujung menjadi beberapa sub topik yang berkaitan dengan topik utama dan memuat berbagai informasi.
Dari berbagai referensi, metode yang banyak dikembangkan ini memiliki beberapa elemen berikut:

  • Topik atau pusat peta pikiran, diposisikan secara terpusat
  • Sub-Topik atau cabang utama yang memancar dari pusat
  • Ranting yang tersebar dari cabang utama yang mengurasi suatu hubungan informasi
  • Korelasi, yang menghubungkan informasi satu dan lainnya

Dengan kreativitas yang bisa eksplorasi, elemen yang dijelaskan tersebut dapat divisualisasikan dengan berbagai icon, gambar, garis variatif, warna, dan pengembangan kreativitas lainnya.

Bagi kalangan pelajar, ini sangat menyenangkan, selain manfaat dalam merangkum berbagai informasi juga dapat mengoptimalkan otak kanannya dengan berbagai kreativitas visual.

Halaman:

Editor: Kristina S.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahaya Karyawan Dead Wood Bagi Perusahaan

Senin, 13 September 2021 | 13:21 WIB

Penyebab dan Cara Mengatasi Demotivasi Kerja

Rabu, 8 September 2021 | 06:42 WIB

10 Cara Mudah Menghafal dan Memahami Materi dengan Cepat

Minggu, 5 September 2021 | 08:39 WIB

Efek Utama dari Mengkonsumsi Air Dingin Menurut Sains

Selasa, 31 Agustus 2021 | 22:18 WIB

4 Hero Mobile Legend yang Mudah untuk Pemula

Kamis, 19 Agustus 2021 | 16:43 WIB

Terpopuler

X