• Senin, 27 September 2021

Efek Utama dari Mengkonsumsi Air Dingin Menurut Sains

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 22:18 WIB
Efek Utama dari Mengkonsumsi Air Dingin Menurut Sains (Ilustrasi: Unplash)
Efek Utama dari Mengkonsumsi Air Dingin Menurut Sains (Ilustrasi: Unplash)

Bicarajabar.com - Beberapa orang mengklaim bahwa minum air dingin tidak baik untuk kesehatan. Ada yang mengatakan bahwa air dingin dapat mempengaruhi pencernaan.

Ada pula yang mengatakan air dingin dapat mengganggu peluruhan lemak, sehingga tidak disarankan untuk diminum bagi orang yang sedang melakukan diet.

Tapi apakah benar klaim-klaim tersebut? Ternyata sebenarnya tidak ada cukup bukti ilmiah untuk mengklaim bahwa air es atau air dingin buruk bagi kesehatan anda. Efek air dingin yang paling sesuai adalah untuk memenuhi kadar cairan dalam tubuh. 

Air dingin menghidrasi tubuh

Menurut Harvard Health, perlu dicatat, minum air pada suhu berapapun akan membantu tubuh anda terhidrasi. Tetap terhidrasi penting untuk mengatur suhu tubuh anda dan menjaga organ tubuh anda tetap sehat, memberikan nutrisi ke sel-sel tubuh, dan mencegah infeksi.

Namun, meskipun mengonsumsi air pada suhu berapapun dapat menghidrasi tubuh anda, air dingin telah terbukti secara khusus membantu menghidrasi dibanding suhu lainnya.

Salah satu studi dari International Journal of Clinical and Experimental Medicine yang meninjau enam atlet pria mengonsumsi air pada suhu berbeda, menemukan bahwa minum air pada suhu 16 derajat celcius menghasilkan keringat lebih sedikit dibanding dengan minum air dengan suhu tinggi.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa air dingin menjadi pilihan terbaik untuk tujuan menghidrasi tubuh, terutama bagi para atlet saat berolahraga di cuaca panas.

Selain dengan cara meminumnya, air dingin juga terbukti membantu atlet dalam pemulihan latihan. Satu studi dari Human Kinetics Journal menemukan bahwa mandi air dingin 10 menit 20 menit setelah sesi olahraga dapat membantu status hidrasi. 

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Sumber: Eat This Not That

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bahaya Karyawan Dead Wood Bagi Perusahaan

Senin, 13 September 2021 | 13:21 WIB

Penyebab dan Cara Mengatasi Demotivasi Kerja

Rabu, 8 September 2021 | 06:42 WIB

10 Cara Mudah Menghafal dan Memahami Materi dengan Cepat

Minggu, 5 September 2021 | 08:39 WIB

Efek Utama dari Mengkonsumsi Air Dingin Menurut Sains

Selasa, 31 Agustus 2021 | 22:18 WIB

4 Hero Mobile Legend yang Mudah untuk Pemula

Kamis, 19 Agustus 2021 | 16:43 WIB

Terpopuler

X