• Senin, 27 September 2021

Soekarnoisme, Gus Baha: Indonesia Bukan Dimulai dari Soekarno, Tapi Perjuangan Ummat Islam

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 10:53 WIB
KH Ahmad Bahauddin. (Gambar: Istimewa)
KH Ahmad Bahauddin. (Gambar: Istimewa)

Bicarajabar.com - Setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat tanah air selalu memperingati hari proklamasi. Tanggal tersebut merupakan titik balik dari sejarah kemerdekaan Indonesia yang cukup panjang, di mana sebelumnya penduduk tanah air sempat dijajah selama bertahun-tahun.

Untuk diketahui, sejarah kemerdekaan Indonesia juga mengalami pro-kontra menjelang pembacaan teks proklamasi tersebut. Pro-kontra ini terjadi antara golongan muda dan golongan tua. 

Golongan tua merupakan para anggota PPKI seperti Soekarno dan Hatta. Sedangkan golongan muda diwakili para anggota PETA dan para mahasiswa.

Pro-kontra ini terjadi karena golongan muda menganggap bahwa golongan tua terlalu konservatif, sebab mereka menghendaki pembacaan proklamasi harus melalui PPKI dan sesuai dengan prosedur yang telah dijanjikan oleh Jepang, yakni pada tanggal 24 Agustus 1945

Sosok Soekarno sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia sudah melekat di benak masyarakat Indonesia, dan dianggap sebagai tokoh central dalam kemerdekaan. Meski demikian, ada banyak tokoh atau pahlawan penting yang harus diingat pada setiap generasi berikutnya.

Dalam video yang tersebar di media sosial, KH. Ahmad Bahauddin atau yang dikenal dengan Gus Baha mengatakan, Indonesia bukan didirikan oleh Soekarno, tetapi oleh ummat Islam dan Partai-partai Islam.

Baca Juga: Taliban Berkuasa, Perlukah Indonesia Memberikan Dukungan atau Penolakan ?

“Orang pro Megawati itu seakan-akan mendewakan, Indonesia itu dimulai dari Bung Karno. Sampai ada Soekarnoisme bahwa seakan-akan Indonesia itu dimulai dari Bung Karno,” kata Gus Baha seperti yang dikutip pada Sabtu (21/8/2021).

Gus Baha memaparkan, Soekarno hanya mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia, tetapi yang berjuang untuk mendirikan negara Indonesia adalah tokoh Islam dan partai-partai Islam.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X