• Minggu, 3 Juli 2022

Deklarasikan Kota Bandung sebagai Kota Angklung, Walkot Yana Minta Masyarakat untuk Lestarikan Warisan Budaya

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 15:54 WIB
Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung (Humas Pemkot Bandung)
Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung (Humas Pemkot Bandung)

Bicarajabar.com - Kota Bandung mendapat julukan sebagai Kota Angklung, sebagaimana yang dideklarasikan oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Deklarasikan Kota Bandung sebagai Kota Angklung tersebut, dideklarasikan Yana Mulyana pada saat acara yang digelar di Plaza Balai Kota, pada Sabtu, 21 Mei 2022.

 

Dalam acara tersebut, pihaknya juga mengundang berbagai elemen masyarakat yang terkait, seperti seniman dan sejumlah pegiat angklung di Kota Bandung.

Dalam pidatonya, Yana menyampaikan harapannya terkait julukan baru bagi Kota Bandung yakni sebagai Kota Angklung untuk dapat bersama-sama melestraikan kesenian khas Jawa Barat tersebut.

Baca Juga: Seru! 7 Daerah di Indonesia ini Memiliki Tradisi Unik Rayakan Malam Takbiran

"Kita berharap kepada seniman, budayawan, pecinta angklung untuk bersama-sama melestarikan (angklung). Tidak hanya melestarikan, tetapi terus berinovasi," kata Yana Mulyana.

Sebagaimana dikutip Bicarajabar dari laman Ayo Bandung, Yana Mulyana juga menyebutkan, bahwa Kota Bandung sudah selayaknya mendeklarasikan Kota Angklung.

"Angklung ini semakin bisa diterima oleh seluruh kelompok masyarakat, termasuk dunia. Dan memang catatan sejarah, Kota Bandung lebih masif dalam memainkan, memperkenalkan, membudayakan angklung," ucapnya.

Seperti yang diketahui, angklung ini merupakan alat musik multitonal yang berkembang dari masyarakat Sunda atau bisa dibilang mayoritas masyarakat di Jawa Barat.

Baca Juga: 10 Tradisi Jumat Agung Paling Unik yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB: Butuh $1,7 Miliar untuk Bantu Imigran Venezuela

Jumat, 10 Desember 2021 | 21:58 WIB

Makna Khusus 4 Minggu Advent yang Jarang Diketahui

Minggu, 28 November 2021 | 22:45 WIB
X