• Kamis, 26 Mei 2022

Seru! 7 Daerah di Indonesia ini Memiliki Tradisi Unik Rayakan Malam Takbiran

- Jumat, 29 April 2022 | 17:02 WIB
Takbiran Menyambut Hari Raya Idul Fitri (freepik)
Takbiran Menyambut Hari Raya Idul Fitri (freepik)

Bicarajabar.com -- Di Indonesia, takbiran malam adalah aktivitas identik yang biasa dilakukan oleh seluruh umat muslim dalam menyambut kemenangan Idul Fitri.

Selain menabuhkan suara bedug sambil melantunkan takbir serentak menyambut bulan syawal, ternyata beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi unik di malam takbiran.

Berbagai kegiatan khas ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk merayakan kemenangan setelah kurang lebih sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

Dengan begitu, melansir laman 1news my id, simak apa saja tradisi unik yang dilakukan masyarakat Indonesia di berbagai daerah tertentu, berikut ini:

Baca Juga: Cara Melaksanakan Shalat Ied, Hari Raya Umat Muslim 1 Syawal

Parade Obor – Sulawesi

Kebiasan parade obor yang dilakukan oleh masyarakat Sulawesi setiap malam takbiran menuju Idul Fitri ini disebut sebagai Obor Estafet.

Dimana pada tradisi tersebut dianggap sebagai simbol toleransi dan kebersamaan yang dilakukan warga untuk berkeliling sambil menggemakan takbir.

Tujuan dilakukannya budaya tersebut adalah sebagai sarana edukasi untuk anak-anak sebagai bentuk perkenalan tentang pentingnya melantunkan takbir pada malam Idul Fitri.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Sumber: 1news

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB: Butuh $1,7 Miliar untuk Bantu Imigran Venezuela

Jumat, 10 Desember 2021 | 21:58 WIB

Makna Khusus 4 Minggu Advent yang Jarang Diketahui

Minggu, 28 November 2021 | 22:45 WIB
X