• Kamis, 11 Agustus 2022

Ini Sejarah dan Alasan Mengapa Tahun Baru Dimulai 1 Januari

- Senin, 27 Desember 2021 | 14:52 WIB
Bulan Januari dalam Kalender. (Unsplash/@hudsoncrafted)
Bulan Januari dalam Kalender. (Unsplash/@hudsoncrafted)

Bicarajabar.com- Pergantian tahun tinggal sebentar lagi, ini merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang di seluruh dunia untuk merayakannya.

Belahan dunia manapun selalu merayakan tahun baru di setiap tanggal 1 di awal bulan Januari. Namun, berdasarkan faktanya ternyata selama berabad-abad awal kalender tahun baru justru pernah dirayakan pada 25 Maret dan 25 Desember.

Tapi, tahukah kamu mengapa 1 Januari menjadi pembuka awal tahun baru? Ada fakta menarik dibalik jatuhnya tanggal tersebut.

Dilansir Bicarajabar melalui Britannica, Tahun baru bermula pada kalender republik masa pemerintahan Romawi 715-673 SM dimana Numa merevisi dan menjadikan Januari sebagai bulan pertama menggantikan Maret.

Pergantian bulan tersebut bukan karena alasan, melainkan karena Januari dinamai “Janus” yaitu Dewa Romawi dari segala permulaan, sementara March atau Mars merupakan dewa peperangan. Maka dari itu, beberapa sumber pun mengklaim bahwa Numa yang menjadikan bulan Januari sebagai awal bulan tahun baru.

Baca Juga: Mengenang Sejarah Politik Luar Negeri Indonesia dengan Museum Konferensi Asia Afrika

Namun, bukti lain juga menyatakan bahwa 1 Januari tidak dijadikan sebagai awal tahun resmi Romawi hingga 153 SM.

Pada 46 SM Julius Caesar memperkenalkan lebih banyak perubahan, seperti yang diketahui, yaitu mempertahankan 1 Januari sebagai tanggal pembukaan tahun. Hingga bersamaan dengan perluasan kekaisaran Romawi, penggunaan kalender Julian ini pun ikut menyebar.

Akan tetapi, setelah jatuhnya Roma pada abad ke-5 M, banyak Negara Kristen mengubah kalender sehingga lebih mencerminkan agama mereka, yang mana 25 Maret dijadikan pesta pemberitaan kabar sukacita dan 25 Desember (Natal) menjadi hari tahun baru yang umum.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Sumber: Britannica

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB: Butuh $1,7 Miliar untuk Bantu Imigran Venezuela

Jumat, 10 Desember 2021 | 21:58 WIB

Makna Khusus 4 Minggu Advent yang Jarang Diketahui

Minggu, 28 November 2021 | 22:45 WIB
X