• Rabu, 5 Oktober 2022

PBB: Butuh $1,7 Miliar untuk Bantu Imigran Venezuela

- Jumat, 10 Desember 2021 | 21:58 WIB
Imigran Venezuela (Dok. UNICEF)
Imigran Venezuela (Dok. UNICEF)

Bicarajabar.com – Banyak kekerasan akibat ketegangan politik yang terjadi di Venezuela. Selain itu kekurangan makanan, obat-obatan dan layanan primer lainnya membuat warga sipil terpaksa meninggalkan negara konflik tersebut.

Menurut badan pengungsi PBB, migrasi yang dilakukan warga sipil Venezuela menciptakan salah satu krisis perpindahan terbesar di dunia.

Menanggapi hal ini, badan pengungsi PBB (UNHCR) dan badan migrasi (IOM) meningkatkan kepedulian terhadap krisis yang terjadi dengan meluncurkan seruan bersama menuju $1,7 miliar.

Baca Juga: Asal Usul Virus Covid-19 Masih Menjadi Misteri, WHO: Butuh Penelitian Lebih Lanjut

Uang ini nantinya akan digunakan untuk mendanai rencana regional berupa mendukung peningkatan kebutuhan para pengungsi dan imigran dari Venezuela sekaligus untuk tuan rumah imigran Venezuela di 17 negara di Amerika Latin dan Karibia.

Krisis yang terjadi pada Venezuela seolah tidak pernah berhenti, selain kekerasan sistemik yang terus terjadi dari tahun 2014, kondisi Venezuela semakin diperburuk dengan kedatangan pandemi Covid-19.

“Pandemi COVID-19 semakin memperburuk kondisi kehidupan para pengungsi dan migran dari Venezuela yang sudah rapuh. Selain dampak kesehatan yang serius, krisis kesehatan telah menyebabkan gangguan ekonomi dan memperburuk risiko perlindungan,” kata Eduardo Stein, Perwakilan Khusus Gabungan UNHCR-IOM untuk pengungsi dan imigran Venezuela dikutip dari laman resmi PBB un.org. 

UNHCR dan IOM menilai bahwa pandemi memperkuat situasi yang sebelumnya sudah genting termasuk meningkatnya pengangguran dan kemiskinan serta akses ke pendidikan dan layanan dasar seperti kesehatan dan makanan sehat.

Baca Juga: Akibat Perubahan Iklim, Benarkah Coklat Diprediksi Akan Punah?

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB: Butuh $1,7 Miliar untuk Bantu Imigran Venezuela

Jumat, 10 Desember 2021 | 21:58 WIB

Makna Khusus 4 Minggu Advent yang Jarang Diketahui

Minggu, 28 November 2021 | 22:45 WIB
X