• Kamis, 11 Agustus 2022

Sosok Ismail Marzuki dan Lahirnya Lagu ‘Panon Hideung’, Pop Sunda yang Mengadaptasi Karya dari Rusia?

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 22:39 WIB
Lagu Panon Hideung Ismail Marzuki (Ilustrasi: Bicarajabar)
Lagu Panon Hideung Ismail Marzuki (Ilustrasi: Bicarajabar)

Bicarajabar.com – Bulan Desember tahun 2013 silam, sebuah rilis dari Kantor Komunikasi Publik, Universitas Padjajaran, mengabarkan tentang gelaran Rumawat Padjadjaran ke-65 “Pop Sunda ti Mangsa ka Mangsa”. Mengiringi dimulainya acara tersebut, lagu Pop Sunda bertajuk ‘Panon Hideung’ menjadi lagu pembukanya.

Banyak yang menarik ketika lagu Pop Sunda dengan beragam judul dan makna, memiliki asal usul dan sejarah yang unik, namun mungkin jarang diketahui, seperti halnya pada lagu yang satu ini.

Seperti yang disampaikan juga, tentang laguPanon Hideung’ ini, lagu tersebut ditenggarai menjadi lagu Pop Sunda pertama yang lahir pada tahun 1936, dari peranan sosok Ismail Marzuki.

Sosok yang dikenal sebagai seorang komponis besar Indonesia yang banyak berperan dalam karya-karya yang menggugah semangat perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Ada sebuah pertanyaan terkait kehadiran laguPanon Hideung’ dari peranan sosok Ismail Marzuki ini, apakah sang istri, Eulis Zuraidah menjadi inspirasi lahirnya lagu Pop Sunda pertama tersebut?.

Pada tahun 1940, banyak sumber mencatat, bagaimana pertemuan Ismail Mazuki dengan sang istri. Eulis Zuraidah dikenalkan sebagai sosok primadona dari klub musik yang ada di Bandung, di mana Ismail Marzuki juga tergabung di dalamnya.

Bak pujangga yang menganggumi sosok kekasih, potongan lirik lagu itu seperti menyapa dan mecurahkan rasa kagum pada sosok putri Bandung, Eulis Zuraidah.

Panon hideung [Mata hitam], pipi koneng [Pipi Kuning], irung mancung [Hidung mancung], putri Bandung…” begitu potongan bait dari laguPanon Hideung’ dari salah satu versi dan terjemahan dalam Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Shawn Mendes Ungkap Patah Hati Lewat Lirik Lagu Terbaru It'll Be Okay

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB: Butuh $1,7 Miliar untuk Bantu Imigran Venezuela

Jumat, 10 Desember 2021 | 21:58 WIB

Makna Khusus 4 Minggu Advent yang Jarang Diketahui

Minggu, 28 November 2021 | 22:45 WIB
X