• Rabu, 5 Oktober 2022

Sulit Menolak Permintaan Orang Lain, Ini Sosok People Pleaser: Bagaimana Cara Keluar Dari Zona 'Nggak Enakan'

- Selasa, 30 November 2021 | 16:41 WIB
Ilustrasi People Pleaser (Freepik/stockking)
Ilustrasi People Pleaser (Freepik/stockking)

Bicarajabar.comPeople pleaser atau seseorang yang tidak bisa menolak permintaan orang lain, selalu mengutamakan orang lain

Perilaku people pleaser memiliki kecenderungan selalu ingin menyenangkan semua orang, terkadang perilaku ini akan dilihat baik hati dan suka menolong sekali oleh lingkungan sekitar.

Tetapi tanpa kita sadari orang tersebut merasa tertekan, orang yang tidak enakan akan terlihat baik-baik saja ketika bersama dengan orang lain.

Seperti yang disampaikan Jiemi Ardian seorang Psychotherapist, dalam akun Instagram miliknya menjelaskan, sebenarnya ada banyak hal yang ingin diutarakan oleh si people pleasure ini, namun sangat susah sekali terucap, dan biasanya ketika sendiri orang tersebut akan menyesali perbuatannya. 

Mungkin people pleaser bukan hanya ingin bikin happy orang lain, mungkin juga mereka takut kesepian, sendirian, takut ditinggal, dan bisa saja mereka takut orang lain marah ketika kita menolak permintaanya. 

Atau ketika orang tersebut ingin menyampaikan pendapatnya dan jati dirinya dia akan ditolak oleh orang lain sehingga mereka akan merasakan sendirian.

Baca Juga: Merasa Paling Unik dan Berbeda? Bisa Saja Sedang Mengalami Snowflake Syndrome

Dan kondisi seperti itu sangat tidak baik untuk kesehatan mental kita, sehingga kita harus bisa mencari solusi agar bisa keluar dari people pleaser atau zona nggak enakan itu.  

Berikut tips agar kita bisa keluar dari zona nggak enakan atau people pleaser :

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PBB: Butuh $1,7 Miliar untuk Bantu Imigran Venezuela

Jumat, 10 Desember 2021 | 21:58 WIB

Makna Khusus 4 Minggu Advent yang Jarang Diketahui

Minggu, 28 November 2021 | 22:45 WIB
X