• Rabu, 1 Desember 2021

Surfing Spot Favorit di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

- Minggu, 15 Agustus 2021 | 21:28 WIB
Surfing at Glen Lake - Ilustrasi (Unsplash/@lime517)
Surfing at Glen Lake - Ilustrasi (Unsplash/@lime517)

Bicarajabar.com – Di Indonesia, terdapat beberapa lokasi pantai yang dapat dijadikan surfing spot favorit dan banyak dikunjungi oleh para penggemar surfing dari kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Surfing, pada umumnya menjadi olahraga yang terbilang ekstrem dan menantang yang hanya bisa dilakukan di lokasi pantai tertentu. Biasanya ada beberapa kriteria pantai yang bisa dijadikan tempat surfing, misal; ketinggian ombak, periode ombak, hingga tersedianya penyewaan alat surfing dan lain sebagainya. Bahkan bagi sebagian penggemarnya, ombak dengan ketinggian tertentu dijadikan salah satu daya tarik yang menantang.

Wisatawan mancanegara biasanya hanya mengenal tempat-tempat surfing yang berada di luar pulau Jawa. Namun nyatanya, beberapa pantai di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, juga bisa dijadikan lokasi pilihan yang tak kalah menarik untuk dijadikan surfing spot favorit.

Berikut 4 surfing spot favorit yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat:

Pantai Batu Karas Pangandaran
Lokasi Pantai Batu Karas berada di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Untuk menuju lokasi pantai ini, jika ditempuh dari Jakarta yakni sekitar 392 km ke arah tenggara, sedangkan apabila dari Bandung sekitar 197 km ke arah tenggara.

Pantai Batu Karas cocok untuk menjadi surfing spot favorit bagi kalian yang gemar berselancar di atas ombak pantai Jawa Barat. Di lokasi ini juga terdapat beberapa fasilitas seperti, Lapangan parkir yang cukup luas, Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata, Penyewaan Papan Selancar dan ban renang sewaan, Banana Boat, Jet ski dan lain sebagainya.

Untuk tempat penginapan di lokasi Pantai Batu Karas juga terdapat beberapa hotel dan vila bagi para pengunjung.

Pantai Bulaksetra
Lokasi pantai yang berdekatan dengan hutan Mangrove ini, menjadi pilihan lainnya sebagai lokasi yang bisa dijadikan surfing spot favorit. Namun, lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Pangandaran, membuat lokasi Pantai Bulaksetra terkesan hanya diketahui sebagian wisatawan.

Memanjang di sebelah selatan Desa Babakan Kecamatan Pangadaran dan dipisahkan oleh Sungai Cileutik yaitu anak dari Sungai Ciputrapinggan, Pantai Bulaksetra menghadap langsung ke Teluk Pangandaran.

Halaman:

Editor: Aldi M. Perdana

Tags

Terkini

Wisata Kota Malang, Edukasi Anak Sambil Liburan

Kamis, 18 November 2021 | 17:45 WIB
X