• Selasa, 5 Juli 2022

Kampung Budaya Sindangbarang Bogor: Belajar Budaya Sunda Sambil Rekreasi

- Senin, 6 Desember 2021 | 20:59 WIB
Kampung Sindangbarang, Bogor, Jawa Barat (instagram)
Kampung Sindangbarang, Bogor, Jawa Barat (instagram)

Bicarajabar.com - Jawa Barat merupakan Provinsi  yang berada di bagian barat Pulau Jawa berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat.

Orang Sunda tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan provinsi Banten dan Jawa Barat sebagai wilayah utamanya yang mayoritas masyarakatnya orang Sunda memiliki prilaku sosial yang berfalsafah pada silih asih, silih asah, silih asuh yang berarti saling mengasuh dan mengasihi.

Masyarakat Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat yang agamis, dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional, yang menyerasikan antara hati nurani dan rasional sebagai pedoman hidup untuk saling menghargai sesama. 

Baca Juga: Tak Perlu ke Luar Negeri, Kamu Bisa Melihat Langsung Fosil Megalodon di Pajampangan Sukabumi.

Saat ini sudah banyak budaya Sunda yang berasimilasi dengan budaya lain. Namun, jika tertarik untuk mempelajari kehidupan masyarakat Jawa Barat dengan lebih luas, maka anda bisa mengunjungi Kampung budaya Sindangbarang yang berada di daerah Bogor, Jawa Barat.

Kota Bogor selain mempunyai tempat wisata yang kekinian, tetapi juga memiliki tempat wisata budaya yang tak kalah menarik.

Dikutip dari laman resmi Kabupaten Bogor menjelaskan, berdasarkan sumber sejarah abad Pajajaran, kampung ini adalah kampung tertua yang ada di Kabupaten Bogor. Pada abad ke-12, Sindangbarang bahkan merupakan sebuah kerajaan Sunda dan menjadi asal muasal kebudayaan Sunda.

Baca Juga: Kuliner Empal Gentong Khas Cirebon yang Wajib Dicoba Di Rumah

Daya tarik kampung budaya Sindangbarang

Halaman:

Editor: Agasthya Kuswandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tempat Wisata Bandung Kota Pilihan di Akhir Pekan

Sabtu, 26 Februari 2022 | 08:43 WIB
X