• Rabu, 26 Januari 2022

Kuliner Empal Gentong Khas Cirebon yang Wajib Dicoba Di Rumah

- Senin, 29 November 2021 | 16:16 WIB
Empal Gentong (Shutterstock/Ariyani Tedjo)
Empal Gentong (Shutterstock/Ariyani Tedjo)

Bicarajabar.com - Cirebon tidak hanya terkenal karena terasi undangnya yang melegenda. Tetapi juga karena kuliner empal gentong khasnya. Empal gentong termasuk kuliner sederhana yang saat ini telah dikenali oleh masyarakat luas Jawa Barat.

Jika kalian berlibur ke daerah  Cirebon tidak ada salahnya untuk mencoba hidangan yang tampak seperti gulai ini, yang berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Hidangan berkuah asal Cirebon ini terdiri dari daging sapi atau kambing murni yang dicincang dan diberi kuah santan.

Baca Juga: 3 Kampung Wisata Kreatif yang Wajib Dikunjungi Kalau Main ke Bandung: Unik dan Keren

Disebut empal gentong karena bahanya menggunakan daging yang sedikit lemak, dibuat kurang lebih 5 jam di kuali atau periuk tanah liat, agar menciptakan rasa yang empuk.

Penyajiannya juga menggunakan api yang harus tetap membara untuk menjaga suhu makanan standar. Empal gentong biasanya dimakan dengan lontong atau nasi dan disajikan dengan cabai bubuk.

Makanan ini diperkirakan muncul pada abad ke 15 masehi dan dipercaya sebagai media penyebaran agama Islam di Cirebon. Empal gentong Cirebon ini merupakan perpaduan budaya Jawa, Arab, India, dan Cina yang berakulturasi dengan baik. Memiliki kuah seperti gulai yang merupakan makanan dengan pengaruh Arab dan India.

Baca Juga: 3 Tempat Wisata Kuliner Paling Favorit di Bogor, Wajib Anda Kunjungi!

Dengan demikian, bicarajabar telah merangkum resep Empal gentong yang bisa kalian coba di rumah.

Halaman:

Editor: Agasthya Kuswandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X