• Selasa, 26 Oktober 2021

Jadikan Oleh-oleh Saat Berkunjung ke Cirebon, Cicip Juga Makanan Khas yang Siap Santapnya

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 14:19 WIB
Nasi Jamblang Mang Dul - Tangkapan Layar (Youtube/EnjoyAja)
Nasi Jamblang Mang Dul - Tangkapan Layar (Youtube/EnjoyAja)

Bicarajabar.com – Saat berkunjung ke Cirebon, kamu akan menemukan beragam aneka kuliner dan tempat-tempat menarik yang bisa dijadikan destinasi.

Selain menjadi wilayah yang berada pada jalur antar provinsi, Cirebon juga dikenal sebagai wilayah yang memiliki khas berbeda dari wilayah di Jawa Barat lainnya. Misalnya saja, memiliki bahasa sendiri, atau dikenal juga dengan dialek Cirebon.

Berbicara mengenai kuliner, ada sejumlah makanan khas di wilayah yang juga dikenal sebagai kota udang ini. Walaupun lokasi geografis berada di dekat laut Pantai Utara (Pantura), makanan di Cirebon tidak hanya berbahan dasar ikan atau bahan yang dihasilkan dari laut.

Untuk sebagian makanan khasnya, ada yang bisa kamu jadikan oleh-oleh maupun harus kamu santap di tempat. Berikut 5 makanan khas Cirebon yang bisa kamu temui saat berkunjung ke Cirebon:

Sirop Tjampolay, Minuman Khas Cirebon

Sirop Tjampolay (Instagram/siruptjampolay_asli)

Diketahui dari berbagai sumber, sirop Tjampolay ini sudah ada sejak 1936 di wilayah Cirebon, Jawa Barat. Minuman legendaris yang sudah banyak dikenal ini pun, diketahui berbahan dasar dari buah campolay atau Tjampolay.

Seperti yang banyak diketahui oleh masyarakat setempat, buah tersebut diproduksi menjadi sirop oleh Tan Tjek Tjiu.

Untuk bisa mendapati minuman legendaris ini, bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh dengan harga berkisar mulai dari Rp. 35.000,-.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Terkini

X