• Rabu, 5 Oktober 2022

Jembatan Hutan di Brazil, Tawarkan Harapan Baru untuk Tamarin Singa Emas

- Rabu, 15 Desember 2021 | 21:16 WIB
Golden monkey atau Tamarin Lion Golden, jenis monyet di hutan. (Unsplash/@matdflo)
Golden monkey atau Tamarin Lion Golden, jenis monyet di hutan. (Unsplash/@matdflo)

Bicarajabar.com – Jembatan hutan di Brazil, dibangun demi mempermudah monyet di sekitar jalanan jembatan tersebut agar dapat menyebrang. Hingga mereka dapat menyebrang, tanpa berinteraksi dengan kendaraan yang sering mencelakakan para monyet tersebut.

Pembangunan jembatan ini terinspirasi dari jumlah populasi Tamarin Singa Emas–Marmoset emas, adalah monyet kecil yang merupakan spesies asli hutan pantawi Atlantik Brasil–baru-baru ini terancam. 

Hutan atlantik di negara bagian Rio de Janeiro menjadi satu-satunya tempat di dunia di mana populasi tamarin singa emas tinggal.

Sementara itu, para konservasionis khawatir akan kepunahan monyet ini sekaligus khawatir antar kelompok terisolasi karena jalan raya. Mereka pun akhirnya membuat jembatan di atas jalan raya, untuk memudahkan para tamarin.

Baca Juga: Polusi Plastik Tingkatkan Bakteri Resistensi Antibiotik, Antibodi Manusia Semakin Terancam

Upaya Konservasi

Pembangunan jembatan ini, menjadi salah satu upaya konservasi untuk mempertahankan keberadaan Tamarin Singa mas.

Sebelumnya, beberapa upaya selama beberapa dekade terakhir telah berhasil meningkatkan jumlah tamarin. Namun karena wabah demam kuning pada 2018 menyerang, populasi mereka punah hingga 32%.

Seperti yang dilaporkan Reuters, 10 Desember 2021, hingga saat ini diperkirakan hanya ada 2.500 tamarin singa emas yang masih hidup di alam liar.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10+ Contoh Hasil Hutan Indonesia dan Manfaatnya

Senin, 26 September 2022 | 21:04 WIB
X