• Rabu, 5 Oktober 2022

Inovasi 'Es Batu Jelly' : Ramah Lingkungan, Tahan Leleh, dan Anti Mikroba

- Jumat, 10 Desember 2021 | 20:38 WIB
Inovasi jelly ice cubes (Gregory Urquiaga/UC Davis)
Inovasi jelly ice cubes (Gregory Urquiaga/UC Davis)

Bicarajabar.com – Para peneliti di University of California mengembangkan ‘es batu jelly’ yang bebas plastik dan tidak meleleh. Inovasi ini digunakan untuk mendinginkan makanan/minuman agar tetap segar tanpa bergantung pada es.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal American Chemical Society, Sustainable Chemistry & Engineering. Wang, salah satu peneliti yang membuat inovasi ini melihat es dalam jumlah banyak digunakan di pabrik pengolahan ikan.

Es hasil mendinginkan ikan dibuang begitu saja, padahal es tersebut kemungkinan besar sudah terkontaminasi bakteri yang berpotensi menyebarkan penyakit.

Baca Juga: Terumbu Karang di Barat Samudra Hindia Terancam Punah Pada 2050

“Jumlah es yang digunakan di lokasi pemprosesan ikan ini sangat besar, Kita perlu mengendalikan patogen,” tegas Wang seperti yang dikutip Bicarajabar.com dari Good News Network.

Selain Wang, Gang Sun seorang profesor di Departemen Teknik dan Biologi Pertanian juga menemukan jamur dalam bungkus es plastik yang digunakan untuk makan siang sekolah anak-anak dan sering ditemukan dalam paket pengiriman.

Tidak meleleh dan anti mikroba

Es batu jelly ini pada awal pengetesan mampu menahan beban hingga 22 pon tanpa mengalami kerusakan bentuk. Selain itu, inovasi ini dapat digunakan kembali.

Lebih lanjut lagi, jika es batu jelly sudah tidak ingin digunakan, cukup cuci menggunakan air lalu buang. Inovasi ini juga dapat didaur ulang ke dalam benda lain termasuk dapat dibuat kompos.

Halaman:

Editor: Agasthya Kuswandi

Sumber: Good News Network

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10+ Contoh Hasil Hutan Indonesia dan Manfaatnya

Senin, 26 September 2022 | 21:04 WIB
X