• Rabu, 5 Oktober 2022

Tanggerang Selatan Urutan ke-24 Kota Paling Tercemar di Seluruh Dunia, Kenapa dan Apa Resikonya?

- Senin, 6 Desember 2021 | 16:45 WIB
Ilustrasi Kota Tercemar (Pikiran Rakyat)
Ilustrasi Kota Tercemar (Pikiran Rakyat)

Bicarajabar.comTanggerang Selatan merupakan kota dengan tingkat pencemaran udara terburuk di Indonesia dan masuk ke dalam salah satu kota dari 100 kota tercemar di dunia.Tanggerang Selatan terletak di provinsi Banten dan berjarak sekitar 30 km dari Jakarta sehingga masih terhitung sebagai wilayah metropolitan. 

Salah satu partikel pencemar paling berbahaya adalah PM 2.5. PM2.5 berarti partikel dengan ukuran 2.5 mikrometer atau kurang, sebagai perbandingan partikel ini berukuran hanya 3% dari ukuran rambut manusia.

Ukuran partikel yang sangat kecil, ditambah banyak mengandung senyawa kimia berbeda-beda membuat PM 2.5 memiliki efek signifikan pada kesehatan manusia saat terhirup.

Baca Juga: Peneliti IPB: Primata di indonesia Kemungkinan Punah di Tahun 2050

Seperti yang dilaporkan IQAir, kualitas udara akan terhitung sangat buruk jika PM2.5 yang terkandung dalam udara tersebut berkisar antara 55,5 hingga 150,4 g/m³ dan Tanggerang Selatan pada 2019 mengandung PM2.5 rata-rata 81,3 g/m³. Data ini membawa Tanggerang Selatan pada kota paling tercemar di dunia urutan ke 24 pada 2019.

Penyebab polusi tinggi di Tanggerang Selatan

IQAir menilai bahwa penyebab utama tingkat polusi tinggi di Tanggerang Selatan adalah emisi kendaraan yang konstan dengan banyaknya orang yang tinggal di Tanggerang Selatan bolak-balik untuk bekerja di Jakarta.

Selain itu, bangunan gedung tinggi membuat polusi terperangkap dan terus tertumpuk hingga kadar polutannya sangat tinggi.

Penyebab lain tingginya polutan udara di Tanggerang Selatan adalah karena wilayah Tanggerang Selatan dan begitu pula seluruh wilayah Jabodetabek dikelilingi pembangkit listrik berbasis batubara dan bahan bakar fosil.

Halaman:

Editor: Agasthya Kuswandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10+ Contoh Hasil Hutan Indonesia dan Manfaatnya

Senin, 26 September 2022 | 21:04 WIB
X