• Rabu, 5 Oktober 2022

Sumbang Emisi Dunia Hingga 3%, Kirim Barang Lewat Kapal Kargo Perlu Jadi Sorotan

- Jumat, 3 Desember 2021 | 19:55 WIB
Kirim paket menggunakan Kargo (Ilustrasi/Bicarajabar)
Kirim paket menggunakan Kargo (Ilustrasi/Bicarajabar)

Bicarajabar.com – Selasa, 30 November 2021 organisasi lingkungan Stand.earth and Pacific Environment melaporkan 20 juta metrik ton emisi karbon dioksida antara 2018 hingga 2020 di Amerika Serikat yang disebabkan oleh kapal kargo.

Kapal kargo ini memuat barang-barang impor ke AS oleh Walmart, Target, Amazon dan IKEA. 

Fakta ini sebenarnya tidak mengejutkan mengingat tingkat konsumtif masyarakat semakin tinggi, ditambah beberapa situs belanja online besar terus memperluas jangkauan mereka. 

Seperti yang dilaporkan Wral Tech Wire, hingga hari Senin, 29 November 2021 ada 84 kapal menunggu di lepas pantai California Selatan, 37 di luar pelabuhan Los Angeles dan 47 lainnya di dekat pelabuhan long beach.

Baca Juga: Raisa Meluncurkan Lini Pakaian Anak untuk Pertama Kalinya

Emisi yang dihasilkan oleh kapal kargo yang begitu banyak juga sering beroperasi tersebut selain berdampak buruk pada lingkungan juga sekaligus pada masyarakat sekitar pelabuhan.

Masyarakat sekitar pelabuhan memiliki banyak riwayat penyakit yang penyebabnya adalah polusi. Tingkat asma dan polutan udara yang menyebabkan kanker meningkat tinggi, termasuk partikel berbahaya nitrogen oksida dan sulfur oksida.

Menurut laporan tersebut, pada tahun 2021, industri perkapalan menyumbang hampir 3% total emisi gas rumah kaca dunia, angka ini lebih besar dari industri pesawat.

Saat pandemi membatasi ruang gerak masyarakat, permintaan barang online semakin meningkat. Dan jika permintaan konsumen ini terus berlanjut, emisi akan tumbuh hingga 50% dari 2018, peningkatan ini bisa mencapai 500 juta metrik ton karbon dioksida.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10+ Contoh Hasil Hutan Indonesia dan Manfaatnya

Senin, 26 September 2022 | 21:04 WIB
X