• Rabu, 5 Oktober 2022

93 Kali Lebih Cepat Menangkap Karbon, WWF dan Sky Bekerja Sama Tanam Seagrass!

- Senin, 15 November 2021 | 19:02 WIB
Tumbuhan Lamun (Dok. Parangtritis Geomaritime Science Park)
Tumbuhan Lamun (Dok. Parangtritis Geomaritime Science Park)

Bicarajabar.com – Tumbuhan Lamun (seagrass) ternyata dapat menghilangkan karbon dioksida (CO2) yang menjadi salah satu penyebab kerusakan iklim 30 kali lipat lebih cepat dibanding yang dilakukan oleh pohon darat.

Klaim ini dinyatakan oleh World Wide Fund (WWF) dalam wawancaranya bersama Euro News. 

WWF berkolaborasi bersama Sky Ocean Rescue dalam mempromosikan kampanye mereka, yaitu 'Force for Nature', sebuah program untuk menanam kembali pantai Inggris dengan Lamun.

Ratusan tahun yang lalu, ada banyak lamun di pantai Inggris. Tetapi kini 92 persen lamun di Inggris telah menghilang dalam satu abad terakhir.

Kampanye tersebut ingin menanam sekitar 30.000 meter persegi habitat lamun di Solent Southampton, hampir sama dengan tiga lapangan sepak bola. 

Baca Juga: Ide Inovatif Sampah Plastik Ditukar dengan Beras, Pahlawan Lingkungan Asal Bali Masuk Nomine CNN Heroes

Tapi menurut Kepala The Land-use Climate Programme WWF Allec Taylor, ini hanya untuk awal. Ke depannya WWF ingin meningkatkan restorasi lamu hingga ratusan hektar demi semakin banyaknya karbon tertangkap.

Penangkapan karbon merupakan proses mengikat karbon yang ada di atmosfer demi menghindari dan mengurangi pemanasan global. Penangkapan karbon dapat dilakukan menggunakan teknologi maupun tanaman dalam proses fotosintesis.

Penelitian terbaru menemukan bahwa sebagian orang dewasa (93%) tahu penyebab kerusakan lingkungan tapi tidak tahu bahwa proses pengikatan karbon dapat mengurangi efek rumah kaca.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10+ Contoh Hasil Hutan Indonesia dan Manfaatnya

Senin, 26 September 2022 | 21:04 WIB
X