• Rabu, 5 Oktober 2022

Ide Inovatif Sampah Plastik Ditukar dengan Beras, Pahlawan Lingkungan Asal Bali Masuk Nomine CNN Heroes

- Jumat, 12 November 2021 | 21:42 WIB
Beras (Unsplash/Darío Méndez)
Beras (Unsplash/Darío Méndez)

Bicarajabar.comPerilaku peduli lingkungan hidup merupakan tindakan mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya. Hal itu diterapkan oleh Made Janur Yasa, seorang pahlawan lingkungan asal Bali.

Dia membuat ide menukar sampah plastik dengan beras, yang menurutnya menguntungkan bagi masyarakat.

Alhasil dengan inovatif tersebut, Yasa masuk Nomine CNN Heroes. Ajang tersebut merupakan ajang yang memberikan penghargaan kepada individu yang memiliki kontribusi luar biasa dalam nilai-nilai kemanusiaan.

Dia masuk 10 nominasi terpilih mewakili nama Indonesia dalam ajang CNN Heroes di Amerika Serikat. Nantinya, pemenang akan ditentukan melalui metode voting hingga pengumuman dilakukan pada 7 Desember mendatang.

Baca Juga: 'Self Sabotage': Kenali Tanda-tanda, Penyebab, Hingga Cara Mengatasinya

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Selalu Tampil Bugar

Melalui unggahan video Instagram @voaindonesia pada Jum’at 12 November 2021, kegiatan Plastik Exchange sudah mengumpulkan hampir 200 ton plastik per bulan di bali dihitung awal Agustus 2020. 

Kegiatan peduli lingkungan tersebut setiap 4 kg plastik nantinya dihargai 1 kg beras. Plastik yang telah terkumpul dikirim untuk didaur ulang kembali di Jawa.

“Di bali ini ada namanya Tri Hita Karana, jadi tri itu tiga hita itu kebahagian dan karena itu sebab, jati diri, kesejahteraan dan lingkungan. Karena kalau kita hanya mementingkan lingkungan, tapi nggak melihat orangnya, nggak seimbang. Tetapi kalau kita hanya melihat ke atas saja, nggak melihat ke bawah juga nggak seimbang,” ucap Yasa dalam video tersebut.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10+ Contoh Hasil Hutan Indonesia dan Manfaatnya

Senin, 26 September 2022 | 21:04 WIB
X