• Rabu, 5 Oktober 2022

Jenis Sistem Agroforestri, Masyarakat Indonesia juga Mengenalnya dengan Sistem Wanatani

- Kamis, 11 November 2021 | 10:37 WIB
Ilustrasi (Unsplash/@natejohnston)
Ilustrasi (Unsplash/@natejohnston)

Bicarajabar.com – Agroforestry is defined as ‘agriculture with trees’, sebagaimana yang dijelaskan dalam catatan World Agroforestry Centre (ICRAF).

Lebih rinci, Agroforestri (Wanatani) adalah interaksi antara pertanian dan pepohonan, termasuk pemanfaatan pohon untuk pertanian.

Dalam arti tersebut disimpulkan, bahwa Agroforestri merupakan suatu sistem yang menerapkan konsep pertanian dengan memadukan kelangsungan tanaman pepohonan hutan, dalam proses pelaksanaannya.

ICRAF juga menjelaskan, bahwa konsep tersebut terdiri dari tanaman pohon di lahan pertanian dan tata ruang pertanian, aktivitas pertanian di hutan dan di sepanjang tepi hutan, serta adanya beberapa produksi tanaman pohon, seperti kakao, kopi, karet, dan kelapa sawit.

Penerapan konsep ini, diharapkan menjadi interaksi antara pohon dan komponen pertanian dalam berbagai skala.

Baca Juga: Festival UMKM Milenial 2021 di Kabupaten Bogor, Wabup: UMKM Berkontribusi Besar dalam Menyerap Tenaga Kerja

Baca Juga: Dua Puisi dipersembahkan Sastrawan Sutardji Calzoum Bachri dalam Perayaan HUT ke-53 Taman Ismail Marzuki

Seperti di lokasi ladang (di mana pohon dan tanaman ditanam bersama), di pertanian (di mana pohon dapat menyediakan makanan ternak, bahan bakar, makanan, tempat tinggal atau pendapatan dari produk termasuk kayu) dan lanskap (di mana penggunaan lahan pertanian dan hutan digabungkan dalam menentukan penyediaan jasa ekosistem).

Tujuannya, Agroforestri menjadi salah satu sistem pengelolaan lahan hutan dengan tujuan untuk mengurangi kegiatan perusakan atau perambahan hutan sekaligus meningkatkan penghasilan petani secara berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Kristina S.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10+ Contoh Hasil Hutan Indonesia dan Manfaatnya

Senin, 26 September 2022 | 21:04 WIB
X