• Rabu, 5 Oktober 2022

Bukan Hanya dalam Cerita Fiksi, Kelelawar Nyatanya Memiliki Kekuatan Super di Kehidupan Nyata

- Kamis, 4 November 2021 | 22:20 WIB
Ilustrasi Kelelawar (Freepik/kjpargeter)
Ilustrasi Kelelawar (Freepik/kjpargeter)

Bicarajabar.com – Lebih dari 1.400 spesies kelelawar hidup di seluruh dunia, kecuali di Antartika dan beberapa pulau terpencil. Lalu, apa yang membuat mamalia terbang ini sukses beradaptasi?

Selama 50 juta tahun evolusinya, kelelawar telah mengembangkan solusi cerdas untuk bertahan hidup, mulai dari sistem sonar bawaan untuk menemukan mangsa hingga sayap tangkas yang membuatnya dapat terbang horizontal dan menjadi hewan tercepat dari semua hewan yang ada di Bumi.

Dikutip dari National Geographic, ahli ekologi di Institut Ekologi di Universitas Otonomi Nasional Meksiko Rodrigo Medellín mengatakan, masih banyak yang harus dipelajari, tetapi jelas bahwa kelelawar benar-benar memiliki kekuatan super.

Baca Juga: Tips Mengelola Limbah Masker dengan Benar di Masa Pandemi Covid-19

Beikut selengkapnya kekuatan super yang dimiliki kelelawar, setidaknya, ada lima ‘kekuatan super’ yang dimilikinya, diantaranya:

1. Ekolokasi

Kekuatan super pertama yang dimiliki kelelawar adalah ekolokasi. Ekolokasi merupakan cara untuk melihat lingkungan melalui frekuensi tinggi dari suara objek tertentu.

Frekuensi tinggi yang didapatkan dari gema suatu objek membuat kelelawar dapat menghitung jarak, ukuran dan bentuk benda.  

Kemampuan ini sangat canggih sehingga beberapa kelelawar dapat mendeteksi objek sekecil rambut manusia atau mengenali perbedaan penundaan gema kurang dari satu mikrodetik.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10+ Contoh Hasil Hutan Indonesia dan Manfaatnya

Senin, 26 September 2022 | 21:04 WIB
X