• Rabu, 5 Oktober 2022

Peneliti IPB: Primata di indonesia Kemungkinan Punah di Tahun 2050

- Selasa, 2 November 2021 | 05:00 WIB
Primata di Taman Safari Indonesia (Dok.TSI Bogor)
Primata di Taman Safari Indonesia (Dok.TSI Bogor)

Bicarajabar.com - Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB), Mirza D Kusrini  mengungkapkan bahwa sekitar 30 spesies primata diprediksi akan punah di tahun 2050 akibat dari dampak perubahan iklim.

Pernyataan tersebut didasarkan pada hasil penelitian di IPB. Hal itu diungkap pada Senin (1/11/2021) dalam diskusi virtual pembuka WECMIC 2021 bertajuk Urgensi Konservasi Satwa Liar dalam Diskusi Perubahan Iklim Global.

"Penelitian menunjukkan kepada kita bahwa sekitar 30 spesies primata di Indonesia kemungkinan akan punah pada Tahun 2050. Ini benar-benar tidak baik," kata Mirza.

Baca Juga: Tips Mengelola Limbah Masker dengan Benar di Masa Pandemi Covid-19

Penelitian yang menyoroti hal tersebut bertajuk "Predicting Hotspots and Prioritizing Protected Areas for Endangered Primate Species in Indonesia under Changing Climate".

Para peneliti yang terlibat yaitu Aryo Adhi Condro, Lilik Budi Prasetyo, Siti Badriyah Rushayati, I Putu Santikayasa dan Entang Iskandar.

Mirza juga mengungkapkan bahwa peningkatan suhu yang terjadi maka akan membuat populasi dan sebaran primata semakin menurun khususnya di Jawa dan Sulawesi.

Baca Juga: Menuju Energi Ramah Lingkungan, Upaya dalam Menghadapi Isu Perubahan Iklim

 

Halaman:

Editor: Kristina S.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10+ Contoh Hasil Hutan Indonesia dan Manfaatnya

Senin, 26 September 2022 | 21:04 WIB
X