• Senin, 27 September 2021

Tak Kunjung Disahkan, Bagaimana Nasib RUU PKS Kini?

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 16:56 WIB
Ilustrasi korban kekerasan seksual/ azcapitoltimes.com
Ilustrasi korban kekerasan seksual/ azcapitoltimes.com

Bicarajabar.com - Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) hingga detik ini belum juga disahkan. Padahal RUU PKS ini diusulkan oleh Komnas Perempuan sejak tahun 2012 dan naskah akademiknya sudah diminta oleh DPR pada tahun 2016.

Namun pada kenyataannya, hingga kini masyarakat sipil belum juga bisa bernafas lega karena RUU PKS belum juga diundangkan oleh badan legislatif.

Dalam pembuatan Undang-Undang, tahapan kedua adalah penyusunan. Setelah itu, pembahasan tingkat I, pembahasan tingkat II, pengesahan, dan terakhir pengundangan.

Pada periode 2014 hingga 2019, pembahasan RUU PKS terhenti di pembahasan tingkat I dan dinyatakan tidak carry over atau tidak dapat diambil alih pada periode berikutnya.

Namun kini, RUU kembali masuk program legislasi nasional (Prolegnas) prioritas 2021 setelah pada Juni 2020 lalu dikeluarkan dari daftar prolegnas prioritas.

Wakil Ketua Komnas Perempuan Olivia Chadidjah Salampessy berharap pada tahun ini RUU PKS bisa sampai pada tahap keenam.

“Semoga di tahun 2021 bisa sampai di tahap keenam,” kata Olivia seperti dilansir Bicarajabar.com dari tirto.id, saat menjadi pembicara seri webinar Virtual Bootcamp Saatnya Kita Menghapus Kekerasan Seksual dengan tema Mengapa RUU PKS Sampai Sekarang Belum Disahkan, pada Jumat (6/8/2021).

Sejak awal, RUU PKS memang menemui sejumlah hambatan. Pro-kontra RUU PKS juga menjadi salah satu yang menjadi hambatan. Selain itu adanya kekeliruan cara pandang terhadap dalam melihat RUU ini juga menjadi salah satu yang sulit ditembus.

Padahal, semakin meningkatnya kasus kekerasan seksual juga menjadikan salah satu alasan mengapa RUU PKS harus segera disahkan.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X