• Selasa, 28 September 2021

Berapa Lama Jangka Waktu Pemberian Vaksin Pertama dan Kedua AstraZeneca Vs Sinovac?

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 13:01 WIB
Iustrasi Vaksin Sinovac (Gambar: Binis.com)
Iustrasi Vaksin Sinovac (Gambar: Binis.com)

Bicarajabar.com - Pandemi Covid-19 tidak kunjung usai melanda hampir di seluruh dunia. Virus ini cepat bermutasi dan memunculkan berbagai varian. Salah satu upaya penanggulan wabah tersebut yakni dengan vaksinasi.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah menjalani program vaksinasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Program vaksinasi diharapkan mampu menekan angka penyebaran Covid-19 dan mencapai kekebalan kelompok atau herd imunity.

Vaksinasi yang dilakukan di Indonesia saat ini di dominasi oleh  Sinovac dan AstraZeneca. kedua jenis vaksin ini memiliki kriteria yang berbeda dari sisi lama waktu injeksi vaksin pertama dan kedua. Lalu berapa lama interval ideal untuk vaksin pertama dan kedua?

Baca Juga: Sejumlah Pejabat Akui Dapat Vaksin Booster, Dokter Tirta: Gak Kaget, Harus Terbiasa dengan Hal Begini

Interval waktu Dosis Pertama dan Kedua (Sinovac dan AstraZeneca)

Ilustrasi vaksinasi (sumber: National Cancer Institute/unsplash.com)

Vaksin Sinovac merupakan jenis vaksin pertam yang datang ke Indonesia. Vaksin ini adalah jenis vaksin yang disuntikan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Indonesia.

Dilansir dari detik.com, interval waktu vaksin pertama dan kedua jenis Sinovac adalah selama 28 hari. Interval tersebut didasarkan kepada ahli untuk memberikan imunitas yang optimal. Seperti diketahui sebelumnya, internal sebelumnya yakni selama 14 hari. 

"Virus, vaksin, dan pandemi ini memang baru bagi kita semua, maka dari itu penyesuaian tidak bisa terhindarkan, karena para ilmuwan kita masih terus mempelajari efektivitas vaksin untuk mencapai titik tertinggi," beber dr Reisa.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X