• Selasa, 28 September 2021

Mural Mirip Jokowi Mata Tertutup Masker di Kota Bandung Dihapus

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 07:11 WIB
Mural Mirip Jokowi Mata Tertutup Masker di Kota Bandung Bandung Dihapus (Gambar: Istimewa)
Mural Mirip Jokowi Mata Tertutup Masker di Kota Bandung Bandung Dihapus (Gambar: Istimewa)

Bicarajabar.com - Penghapusan mural Kembali terjadi, kali ini di Kota Bandung. Mural mirip Jokowi dengan mata tertutup masker di Jalan Prabu Dimuntur, Kota Bandung itu dibersihkan oleh empat orang pria, pada Rabu (25/8/2021) sore.

Mural pria yang terpampang di badan konstruksi Flyover Pasupati itu ternyata terbuat dari kertas yang direkatkan (wheat paste).

Dari informasi yang dihimpun, terpantau empat orang pria sedang membersihkan mural tersebut, mereka mengerik kertas dari dinding dengan menggunakan pisau.

"Bahannya kertas ditempel pakai lem," ujar pria yang tengah membersihkan mural tersebut.

Setelah dibersihhkan, nantinya dinding tersebut akan dicat. Di tengah pembersihan itu, tampak sejumlah personel kepolisian turut mengawasi proses pembersihan mural itu.

Mural tersebut berjejer dengan coretan grafiti lainnya itu diperkirakan berukiuran tinggi dua meter dengan lebar 2,5 meter.

Ada tulisan 'Niskala' di kerah pria tersebut. Meski demikian, belum dapat diketahui siapa pembuat mural tersebut.

Dosen Komunikasi Visual Universitas Padjadjaran (Unpad) Teddy Kurnia menilai, secara historis dinding kerap dijadikan media ekspresi yang paling mudah dikonsumsi oleh publik. Bukan tak mungkin juga dinding digunakan untuk menyampaikan kritik sosial melalui gambar.

"Karena jalan itu jadi milik siapa pun, tergantung siapa yang bikin (isi pesannya) yang saya lihat mural itu sangat mungkin bertujuan untuk melakukan kritik sosial, hanya memang kalau lihat itu lebih ke street art, dan street itu lebih banyak kepada ungkapan kritis terhadap suatu fenomena” Kata Teddy yang dilansir detikcom, Rabu (25/8/2021).

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X