• Senin, 27 September 2021

Sudah Jadi Tersangka, Muhammad Kece Terancam Pidana Hingga 6 Tahun Penjara

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 21:20 WIB
Sudah Jadi tersangka, Muhammad Kece Terancam Pidana Hingga 6 Tahun Penjara (gambar: Istimewa)
Sudah Jadi tersangka, Muhammad Kece Terancam Pidana Hingga 6 Tahun Penjara (gambar: Istimewa)

Bicarajabar.com - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyatakan Muhammad Kece terancam pidana 6 tahun penjara berkaitan dengan pelanggaran UU ITE usai ditetapkan sebagai tersangka.

"Yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka. Bisa ancaman pidananya penjara 6 tahun," kata Rusdi, dilansir Antara.

Rusdi juga mengungkapkan Muhammad Kece tidak beriktikad baik untuk mengklarifikasi videonya hingga membuat masyarakat gaduh, dan justru kabur ke tempat persembunyian di Bali hingga akhirnya polisi melakukan penangkapan.

Rusdi menyebut penyidik mempersangkakan Muhammad Kece dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 a Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau Pasal 156A KUHP.

Muhammad Kece diduga sengaja menyebarkan informasi yang dapat memunculkan rasa kebencian serta rasa permusuhan di masyarakat berdasarkan SARA.

Baca Juga: Covid-19 Belum Berakhir, Ahli Himbau Ancaman Covid-22 yang Lebih Ganas

"Ini diatur dalam UU ITE Pasal 28 ayat (2) dan juncto Pasal 45 a Ayat 2, dapat dijerat hukuman itu. Atau juga peraturan lain yang relevan yaitu Pasal 156a KUHP, itu mengenai penodaan agama. Kira-kira pasal itu yang dikenakan terhadap yang bersangkutan," katanya.

Rusdi menyebut penyidik juga telah memeriksa saksi ahli. Barang bukti yang menguatkan penangkapan Kece adalah video-video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya.

"Berdasarkan alat bukti tersebut, penyidik meyakini bahwa diduga keras terjadi tindak pidana, yaitu secara sengaja dan tidak sah menyebarkan informasi yang dapat memunculkan rasa kebencian dan rasa permusuhan di masyarakat berdasarkan SARA," ucapnya.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X