• Senin, 27 September 2021

Efek PPKM, Ridwan Kamil: Pemprov Jabar Kehilangan 20 Milyar per Hari

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 10:09 WIB
Gubernur Jawa Barat - Ridwan Kamil (via twitter : @ridwankamil)
Gubernur Jawa Barat - Ridwan Kamil (via twitter : @ridwankamil)

Bicarajabar.com - Gubernur Jawa Barat - Ridwan Kamil menyatakan bahwa Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 berdampak besar kepada pendapatan dari Pemprov Jawa Barat. Menurutnya pihaknya dapat kehilang Rp 20 milyar sehari.

"Perpanjangan PPKM satu hari di level 4, Jawa Barat kehilangan (pendapatan) Rp20 miliar per hari. Jadi kami juga sangat kesusahan," kata Ridwan Kamil saat memberikan sambutan pada acara Kick Off West Java Economic Society (WEJS) 2021 dan Road to Kongres ISEI XXI secara daring di Bandung, Senin (23/8/2021).

Ridwan Kamil meminta untuk para ekonomi ekonom membantu Pemprov Jabar untuk memberikan saran, masukan, ataupun rekomendasi terkait dengan penurunan daya beli masyarakat serta pendapatan Pemprov Jabar yang menurun drastis.

Ridwan juga menambahkan bahwa hingga saat ini pemprov sudah kehilangan hampir Rp. 5 triliun rupiah yang membuat banyak kegiatan yang tidak dapat terlaksana.

Baca Juga: PPKM: Jabodetabek-Bandung Raya-Surabaya Raya Turun Jadi Level 3

“Saya mohon ada rekomendasi dari acara ini yakni yang pertama peningkatan daya beli masyarakat dan government standing. (Pendapatan daerah yang hilang akibat PPKM) kami hilang Rp5 triliun, sehingga banyak kegiatan yang kami berhentikan," jelas Ridwan.

Namun menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dirinya juga menyambut baik keputusan pemerintah pusat terkait dengan PPKM karena kasus Covid-19 di Jawa Barat menurun drastis.

Alhamdulillah, Covid-19 sudah terkendali tinggal ekonomi bangkit dan melompat,” tambahnya.

Kang Emil juga memaparkan bahwa kondisi Jawa Barat saat ini sudah bertumbuh dari sisi ekonomi. Sudah tidak ada zona merah lagi sehingga laju pertumbuhan ekonomi akan semakin cepat.

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X