• Senin, 27 September 2021

Eks Mensos Juliari Batubara Divonis 12 Tahun Penjara Terkait Korupsi Bansos

- Senin, 23 Agustus 2021 | 14:31 WIB
Juliari P Batubara/Dok. Kemensos
Juliari P Batubara/Dok. Kemensos

Bicarajabar.com - Mantan Menteri Sosial Juliari P Batubara resmi dijatuhi vonis 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta dan subsider 6 bulan kurungan.

Juliari terbukti secara sah dan meyakinkan telah menerima suap senilai Rp 32.48 miliar terkait pengadaan bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19 Jabodetabek.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Juliari P Batubara telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut,” kata hakim ketua Muhammad Damis saat membacakan putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat pada Senin (23/8/2021).

"Menjatuhkan pidana penjara 12 tahun dan denda 500 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti 6 bulan penjara," imbuh hakim Muhammad Damis.

Selain pidana, Juliari juga diminta majelis hakim untuk membayar uang pengganti senilai Rp 14.59 miliar dan juga hak politik Juliari dicabut selama 4 tahun.

Putusan ini lebih tinggi dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK sebelumnya. JPU KPK meminta Juliari untuk dihukum 11 tahun penjara dengan denda Rp 500 juta dan subsider 6 bulan kurungan.

Sebelum menjatuhi putusan, hakim juga mempertimbangkan hal yang memberatkan hukuman Julairi. Menurut majelis hakim, perbuatan Juliari tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Selain itu, Juliari melakukan tindak pidana korupsi di saat pandemi Covid-19 di mana banyak dari masyarakat Indonesia yang kesulitan secara ekonomi.

Sedangkan untuk hal-hal yang meringankan tuntutan adalah Juliari sudah divonis dan diberi sanksi sosial oleh masyarakat dan juga berlaku sopan selama persidangan berlangsung.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X