• Senin, 27 September 2021

Tokoh Sastra Budi Darma Meninggal Pagi Ini di Usia 84 Tahun

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 14:49 WIB
Penulis Budi Darma meninggal dunia hari ini, Sabtu (21/8/2021). (Sumber: Twitter/@damarjuniarto) (Aldi M. Perdana)
Penulis Budi Darma meninggal dunia hari ini, Sabtu (21/8/2021). (Sumber: Twitter/@damarjuniarto) (Aldi M. Perdana)

Bicarajabar.com - Pagi ini, pukul 07.00 WIB pada Sabtu (21/8/2021), Indonesia kehilangan sastrawan besarnya; Budi Darma di usianya yang ke-84 tahun. Kabar tersebut didapat dari akun Twitter Andina Dwifatma (@andinadwifatma). Cuitannya berbunyi, "Sabtu pagi yang muram: selamat jalan, Pak Budi Darma."

Berita kehilangan ini pun dikonfirmasi oleh Damar Juniarto yang menghubungi langsung Andina. Melalui akun Twitternya, Damar membuat utas terkait berita kehilangan ini, begitu pula informasi perihal lokasi Rumah Duka mendiang.

Budi Darma, seorang sastrawan yang mengaku menjadi pengarang karena takdir, seperti yang ia tulis sendiri dalam bukunya yang berjudul Solilokui (1984), lahir pada tanggal 25 April 1937 di Rembang, Jawa Tengah.

Banyak sekali esai yang lahir dari buah tangannya, yang kerap melemparkan kritik-kritik tajam dalam ranah sastra dan sastrawi. Salah satunya, esai yang berjudul "Pemberontak dan Pandai Mendadak".

Tulisan tersebut serupa tamparan keras bagi para esais, terlebih bagi kalangan jurnalis yang bertugas sebagai pewarta. Budi Darma menyinggung tentang 'bagaimana terlihat pandai' meski hanya mengutip sana-sini sekalipun mengabaikan konteks yang dikutip.

"Untuk kelihatan pandai Saudara bisa main sulap. Buatlah esei dengan kutipan dari sini situ, dari pengarang ini itu ... Saudara tidak perlu merasa menipu karena memang saudara menipu … Saudara tidak perlu merasa mengecoh karena memang saudara mengecoh," tulisnya berterus-terang.

Pesan dan kritik tajam terhadap pelaku satsra Indonesia yang dimuat dalam buku Solilokui, boleh jadi warisan penting Budi Darma usai kepergiannya. Bisa dikata, Budi Darma memang telah pergi, namun gagasannya terus hidup menerobos zaman.[]

Editor: Kristina S.

Tags

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X