• Selasa, 28 September 2021

Profil, Asal-Usul, dan Apa Sebenarnya Tujuan Kelompok Taliban di Afghanistan

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 06:24 WIB
Taliban duduki Istana Kepresidenan Afghanistan/AP Photo-Zabi Karimi
Taliban duduki Istana Kepresidenan Afghanistan/AP Photo-Zabi Karimi

Bicarajabar.com - Akhir-akhir ini masyarakat internasional digemparkan dengan kabar dari Negri Afghanistan dimana terjadinya pengalihan kekuasaaan kepada kelompok taliban. Peristiwa tersebut terjadi setelah Presiden Afghanistan, Ashraf Gani beserta jajaranya kabur ke luar negeri untuk menyelamatkan diri.

Peristiwa tersebut membuat para warga Afghanistan panik hingga terjadi huru hara di Kabul, Ibukota Afganistan. Banyak warga yang melarikan diri ke luar negeri karena takut akan pengaruh taliban di Afghanistan.

Baca Juga: Hindari Taliban, Pemain Timnas Sepak Bola Junior Afghanistan Tewas Jatuh dari Pesawat

Menarik untuk disimak sebetulnya dari mana kelompok ini berasal hingga berhasil mengambil alih kekuasaan dari Presiden Ashraf Gani, asal-usulnya, hingga apa sebenarnya tujuan dari taliban ?

Asal Usul Kelompok Taliban

Taliban

Dilansir dari Britannica.com, kelompok Taliban (taleban) berasal dari bahasa Pasthtun atau Persia yang memiliki arti "pelajar atau murid". Dari sumber lainnya Taliban juga berasal dari bahasa Arab "Thalib" yang memiliki arti pencari ilmu bagi seorang anak laki-laki.

Kelompok ini mulai terbentuk pada tahun 1990-an yang memiliki pengaruh sangat kuat di Afganistan. Terbukti, selama dua dekade disingkirkan oleh Amerika Serikat namun Taliban tetap berhasil mempertahankan posisinya bahkan dalam mengambil alih kekuasaan pada 16 Agustus lalu.

Salah satu arsitek utama kekuatan dari Taliban yakni Mullah Abdul Ghani Baradar. Jabatanya di kelompok tersebut yakni kepala kantor politik taliban di Doha. Strateginya berhasil mengambil alih kekuasaan dalam waktu yang relatif cepat.

Halaman:

Editor: Anisa Sri

Tags

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X