• Senin, 27 September 2021

Peluang Usaha, Berbagai Olahan Porang Menjadi Menu Makanan Sehat

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 21:45 WIB
Presiden Jokowi mengunjungi pengolahan Porang (Instagram/@jokowi)
Presiden Jokowi mengunjungi pengolahan Porang (Instagram/@jokowi)

Bicarajabar.com – Porang atau nama lain yang disebut sebagai iles-iles merupakan sejenis umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Tanaman ini telah menjadi primadona baru bagi petani di Indonesia, sebagai peluang usaha komoditas yang menjanjikan.

Presiden Joko Widodo, bahkan menyampaikan Porang akan menjadi salah satu komoditas andalan dengan nilai tambah yang dimiliki sebagai peluang ekspor.

Hal tersebut disampaikan melalui Instagram @jokowi, “Tanaman ini bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika kita serius menggarapnya,” ujar presiden saat mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun, Jawa Timur (19/08/21).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

 

Selain itu, salah satu kampus asal Jawa Barat melalui halaman resminya unpas.ac.id, Program Pendidikan Teknologi Pangan Fakultas Teknik Universitas Pasundan, sudah pernah melakukan riset pembuatan tepung dari umbi porang sebagai produk pengganti terigu.

Ke depannya, riset akan lebih difokuskan sehingga umbi Porang dapat menjadi turunan pangan alternatif.

Baca Juga: Prospek Cerah di Tengah Pandemi, Intip 3 Komoditas Unggulan Bisnis Ikan Hias

“Dulu kita sudah melakukan riset pembuatan tepung Porang, tapi belum mendalam. Nantinya, kita akan buat menjadi turunan pengganti pangan alternatif, seperti beras analog. Ini penting, karena kita masih ketergantungan terhadap beras dan terigu, padahal sumber daya alam dari umbi-umbian sangat banyak,” jelas Dekan FT Unpas Dr. Ir. Yusman Taufik, M.P. di Kampus IV Unpas, Jalan Dr. Setiabudhi, Bandung, Kamis (22/4/2021).

Halaman:

Editor: Fahri Fahira

Tags

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X