• Selasa, 28 September 2021

Sektor IKM Mendapat Perhatian, Potensi Pasar Global Produk Halal Menjadi Peluang

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 23:11 WIB
Kunjungan Tim Badan Penyelenggara Jaminan Halal (BPJH) Jakarta ke Galeri Produk IKM di Palu (Tenaga Penyuluh Lapangan IKM/Hisyam)
Kunjungan Tim Badan Penyelenggara Jaminan Halal (BPJH) Jakarta ke Galeri Produk IKM di Palu (Tenaga Penyuluh Lapangan IKM/Hisyam)

Bicarajabar.com – Industri Kecil dan Menengah (IKM) menjadi salah satu roda penggerak ekonomi di Indonesia. Hal tersebut terus menjadi perhatian pemerintah melalui Kementerian Perindustrian dan instansi terkait lainnya. Salah satu yang menjadi fokus pemerintah akan hal itu adalah memanfaatkan potensi pasar global melalui daya saing industri di bidang produk halal.

Melalui siaran pers, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membahas hal tersebut bersamaan dengan acara program peluncuran fasilitasi halal, pada Kamis (19/08/21).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, adanya upaya untuk merealisasikan penguatan ekonomi nasional, salah satunya dengan unit baru yang dihadirkan Kemenperin, yakni Pusat Pemberdayaan Industri Halal (PPIH).

“Salah satu upaya yang kami realisasikan adalah membentuk unit baru, yakni Pusat Pemberdayaan Industri Halal (PPIH),” jelas Agus.

Baca Juga: Pusat Pembedayaan Industri Halal, Unit Baru dari Kementerian Perindustrian

Sektor IKM menjadi perhatian yang diutamakan, selain memang karena potensi yang ada pada sektor tersebut, Indonesia berada pada urutan atas dalam beberapa bisnis halal yang ada.

Berdasarkan laporan Global Islamic Economy Indicator (GIEI) 2020/2021, saat ini Indonesia menempati peringkat 4 untuk sektor makanan halal.

Peringkat lainnya ada pada bisnis busana dan mode halal pada peringkat 3, peringkat 6 untuk kosmetik dan obat halal, peringkat 5 untuk media dan rekreasi halal, peringkat 6 untuk wisata halal, serta peringkat 6 untuk keuangan syariah.

“Artinya, Indonesia masih dapat mengoptimalkan peluang dari ekonomi halal, terlebih sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia,” ujar Agus.

Halaman:

Editor: Kristina S.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X