• Senin, 27 September 2021

Pusat Pembedayaan Industri Halal, Unit Baru dari Kementerian Perindustrian

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:57 WIB
Menteri Perindusrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita (Instagram/agusgumiwangk)
Menteri Perindusrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita (Instagram/agusgumiwangk)

Bicarajabar.com – Ekonomi nasional turut menjadi perhatian pemerintah sebagai komitmen dan perwujudan dari amanah perundang-undangan. Melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin), salah satu langkah strategis akan hal tersebut adalah tampil sebagai mesin ekonomi halal global.

Dalam memperkuat ekonomi nasional, pemerintah akan berupaya melalui pemberdayaan industri halal yang berfokus pada pengaturan, fasilitasi, pembinaan, serta pengawasan.

“Salah satu upaya yang kami realisasikan adalah membentuk unit baru, yakni Pusat Pemberdayaan Industri Halal (PPIH),” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara Peluncuran Program Fasilitasi Halal, dari Jakarta, Kamis (19/08/2021).

Baca Juga: Tingkat Kemiskinan di Jawa Barat Meningkat, Terjadi di Semua Kabupaten Kota

PPIH memulai program awalnya dengan pemberian Fasilitasi Penyelia Halal bagi Kawasan Industri Halal Safe and Lock serta Industri Kecil dan Menengah (IKM) di wilayah Jawa Timur.

“Diharapkan kegiatan ini dapat menstimulus berkembangnya ekosistem halal dan memperkuat daya saing produk nasional,” jelasnya.

Melalui program tersebut, Kemenperin mendorong agar pelaku industri mampu bersikap responsif dan beradaptasi dengan dinamika serta peluang pasar dalam tren global termasuk peluang pasar. Hal itu dilakukan agar dapat memacu industri yang maju dan berdaya saing global.

Selain itu, seiring dengan banyaknya negara yang menerima konsep halal sebagai salah satu faktor penentu mutu sebuah produk. Industri halal telah berkembang menjadi sektor manufaktur baru yang tumbuh menjadi bisnis global dengan pertumbuhan paling cepat di seluruh dunia.

Baca Juga: Prospek Cerah di Tengah Pandemi, Intip 3 Komoditas Unggulan Bisnis Ikan Hias

Halaman:

Editor: Kristina S.

Sumber: Kominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masuk Pancoraba, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 September 2021 | 07:01 WIB

Kronologis Hilangnya Gibran di Gunung Guntur Garut

Selasa, 21 September 2021 | 20:58 WIB

Terpopuler

X