• Kamis, 11 Agustus 2022

Presiden Jokowi Tanggapi Tarif Baru Taman Nasional Komodo

- Kamis, 21 Juli 2022 | 22:05 WIB
Presiden Jokowi meninjau penataan kawasan di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis 21 Juli 2022.  (ayosolo.id/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi meninjau penataan kawasan di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis 21 Juli 2022. (ayosolo.id/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bicarajabar.com -- Taman Nasional Komodo (TNK) dikabarkan akan mengalami kenaikan tarif baru untuk kunjungan masuk.

Rencanannya, tarif baru kunjungan ke TNK tersebut akan dimulai pada 1 Agustus 2022 dengan tarif baru sebesar Rp 3,75 juta.

Adanya kenaikan tarif baru masuk ke TNK tersebut, cukup menarik banyak perhatian.

Presiden Jokowi pun akhirnya angkat bicara soal kenaikan tarif baru TNK.

Menurut Presiden Jokowi hal ini merupakan bagian dari pengaturan konsep konservasi di Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

"Jadi kita ingin konservasi, tapi kita juga ingin ekonomi lewat tourism, lewat wisatawan. Ini harus seimbang," ujar Jokowi saat di Pulau Rinca seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, dikutip Bicarajabar dari laman PMJ News.

Kawasan pariwisata Taman Nasional Komodo ini, menurut Jokowi konservasi komodo bakal dipusatkan di Pulau Padar, Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

Hal itulah yang berpengaruh terhadap kenaikan tarif masuk ke TNK, yang mana agar dapat mengakses secara keseluruhan wilayah konservasi yang dimaksud.

"Jadi kalau mau lihat komodo silakan ke Pulau Rinca. Di sini ada komodo, mengenai bayarnya berapa, tetap. Tapi kalau mau 'Bapak saya pengin sekali Pak lihat yang di Pulau Komodo', silakan ndak apa-apa juga, tapi ada tarifnya yang berbeda," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X