• Minggu, 3 Juli 2022

Dinkes DKI Jakarta Lakukan Skrining Hepatitis C Periode 2017-April 2022, Ribuan Warga Terkonfirmasi Positif

- Rabu, 18 Mei 2022 | 19:04 WIB
Foto: Ilustrasi Hepatitis Misterius (Pixabay - Mohammad Hassan)
Foto: Ilustrasi Hepatitis Misterius (Pixabay - Mohammad Hassan)

Bicarajabar.com -- Baru-baru ini Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan skrining terhadap sejumlah warga terkait penyakit Hepatitis C.

Diketahui, dari hasil skrining Hepatitis C tersebut, ada 18.005 orang dari 353.876 orang selama periode 2017- April 2022 terkonfirmasi positif.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Provinsi DKI Jakarta, Lies Dwi Oktavia menindaklanjuti hal tersebut dengan melakukan pemeriksaan viral load terhadap sejumlah warga yang terkonfirmasi positif Hepatitis C.

"Dari 18.005 sebanyak 10.502 melanjutkan pemeriksaan viral load," terang Lies Dwi Oktavia, di Jakarta, dikutip Bicarajabar dari laman PMJ News, Rabu, 18 Mei 2022.

Baca Juga: Hepatitis Akut 'Misterius' pada Anak, Kemenkes Himbau Masyarakat agar Waspada: Hati-hati dan tetap tenang

Terkait pemeriksaan viral load, Dwi menjelaskan bahwa proses tersebut merupakan pemeriksaan untuk mengukur jumlah virus yang ada di dalam darah.

Lebih lanjut, hasil dari warga yang diketahui terkonfirmasi positif dan dilanjutkan pemeriksaan viral load, sebanyak 4.225 orang selanjutnya menjalani terapi penyembuhan.

"Sehingga kita sudah pernah menterapi ada 4.225 orang," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dwi menerangkan bahwa pemeriksaan Hepatitis C terhadap sejumlah warga ini, dilakukan bersama Kementerian Kesehatan dan fasilitas kesehatan pihak swasta.

Halaman:

Editor: Rais Jaka Purnama

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X